Zainir Anggota DPRD Payakumbuh Janji Akan Perjuangkan Honor Tenaga Kebersihan

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Zainir menyebutkan pihaknya akan kembali memperjuangkan honor petugas kebersihan atau Tenaga Jasa Perseorangan (TJP) di Kota Payakumbuh yang sebelumnya terjadi pemotongan akibat refocusing oleh Pemerintah.

Sebelumnya honor TJP di Kota Payakumbuh mencapai Rp2,4 juta, namun Covid-19 yang terjadi menyebabkan Pemerintah harus melakukan pengurangan tenaga honorer yang ada.

Langkah pengurangan tenaga honorer yang diambil Pemerintah dinilai DPRD tidak bijak, sehingga saat itu DPRD mengusulkan honor TJP saja yang dikurangi menjadi Rp2 juta, dari pada harus memberhentikan TJP yang tenaganya sangat dibutuhkan.

Kini, dengan kondisi pandemi yang terus membaik dan perekonomian berangsur pulih, Zainir melalui Badan Anggaran di DPRD Payakumbuh bakal kembali memperjuangkan honor TJP kembali menjadi Rp2,4 juta.

Hal itu disampaikan politisi Partai PKB itu saat menggelar pertemuan silaturhamidengan puluhan TJP yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

” Kita melalui Fraksi di DPRD Kota Payakumbuh sudah minta, melalui rapat Badan Anggaran (Banggar) kalau tidak bisa honor tenaga kebersihan naik, dikembalikan ke angka semula yakni Rp2,4 juta,” sebut Zainir, Selasa (29/11/ 2022) di kawasan Batang Agam usai sillaturahmi dengan petugas kebersihan atau Tenaga Jasa Perseorangan (TJP).

Anggota DPRD Kota Payakumbuh Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Payakumbuh Barat itu juga menambahkan, petugas kebersihan adalah tugas yang sangat mulia, untuk itu mereka akan diperjuangkan agar kembali menerima honor Rp2,4 juta.

” Petugas kebersihan adalah kerja yang mulia, kami akan perjuangkan agar honor bisa kembali seperti semula.” tutupnya.

Sementara Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri yang juga hadir dalam kegiatan sillaturahmi untuk menjemput aspirasi dari masyarakat itu mengapresiasi dengan semakin banyaknya pihak yang peduli dengan petugas kebersihan atau Tenaga Jasa Perseorangan (TJP). Dengan semakin banyaknya yang peduli, diharapkan nasib TJP kedepannya kian membaik.

” Terima kasih kepada banyak pihak yang peduli dengan petugas kebersihan atau Tenaga Jasa Perseorangan (TJP), peran mereka sangat penting, sebab kesehatan sangat berkaitan dengan kebersihan. Semoga kedepannya nasib TJP semakin membaik dan kinerja mereka juga meningkat,” sebutnya.

Mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, saat ini di Payakumbuh terdapat 37 orang petugas kebersihan kelurahan atau Tenaga Jasa Perseorangan (TJP) yang melayani di Kantor Camat maupun kelurahan, namun jumlah becak motor pengangkut sampah masih kurang.

” Jumlah TJP yang melayani Kecamatan dan Kelurahan mencapai 37 orang, namun jumlah becak motor belum mencukupi, dengan tambahan dana di tahun 2023 di kelurahan yang mencapai 200 juta, nantinya bisa menambah armada becak motor, sebab selain kurang, becak motor juga banyak yang rusak.” ucapnya.

Idealnya menurut Ul Fakhri, jumlah becak motor pengangkut sampah dua sampai empat unit di tiap kelurahan. (rio briges)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *