YB Dt. Parmato Alam: Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh Kinerja Rida Ananda Dinilai Sangat Baik dan Terukur

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com – Banyak pihak di Kota Payakumbuh meminta kepada Mendagri Tito Karnavian untuk memperpanjang masa jabatan Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda untuk periode 2023-2024.

Pasalnya, kinerja Rida Ananda pada tahun pertama menjabat Pj.Walikota Payakumbuh dinilai cukup berhasil dan memiliki kinerja yang sangat baik dan terukur.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, menyikapi akan berakhirnya masa jabatan Rida Ananda sebagai Pj. Walikota Payakumbuh pada tanggal 23 September 2023 mendatang.

Diakui mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh yang juga menjabat Ketua LKAAM Kota Payakumbuh itu, beranjak dari kinerja yang sangat baik tersebut maka nama Rida Ananda kembali diusulkan oleh DPRD Kota Payakumbuh Pj. Walikota Payakumbuh periode 2023-2024.

“Pengusulan nama Rida Ananda tersebut melalui paripurna DPRD yang dipim­pin langsung Ketua DPRD Hamdi Agus, Wakil Ketua Wulan Denura dan Wakil Ketua Armen Faindal, serta anggota DPRD Kota Payakumbuh yang dilaksanakan Juli 2023 lalu,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kota Payakumbuh yang juga calon kuat Walikota Payakumbuh itu.

Dijelaskan Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, berdasarkan surat Mendagri terkait usulan nama calon Penjabat Walikota, maka DPRD Kota Payakumbuh melakukan pari­purna internal untuk me­ngusulkan tiga nama. Namun dalam rapat paripurna DPRD tersebut, secara aklamasi anggota DPRD mengusulkan nama  Rida Ananda untuk ditunjuk sebagai Pj Walikota Paya­kumbuh.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Armen Faindal yang sempat diwawancarai wartawan beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa pengusulan kembali secara aklamasi nama Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda untuk priode ke dua karena Rida Ananda memiliki kinerja yang baik dan terukur.

“Lah basuluah mato hari dan bagalanggang mato rang banyak bahwa ki­nerja Pj Walikota Rida Ananda selama ini benar-benar dirasakan masyarakat. Artinya, pengusulan nama Rida Ananda secara tungggal untuk jadi Pj Walikota Payakumbuh tidak hanya keinginan DPRD saja, tetapi hasil usulan dari masyarakat karena kinerja Rida Ananda, dinilai sangat baik, terukur dan me­rakyat serta cepat tanggap,” ujar Armen Faindal.

BEREDAR ISU Pj. WALIKOTA DIGANTI

Seorang tokoh masyarakat Kota Payakumbuh, Wahyudi Thamrin, SH, MH ketika diminta komentarnya terkait beredarnya isu akan terjadinya pergantian jabatan Pj.Walikota Payakumbuh dari pundak Rida Ananda kepada salah seorang pejabat dari kantor Gubernur Sumbar menyikapi dingin isu tersebut.

“Atas nama masyarakat Kota Payakumbuh, saya meminta kepada Mendagri Tito Karnavian untuk memperpanjang SK Rida Ananda sebagai Pj Walikota Payakumbuh,” ujar Ketua AMPI Provinsi Sumatera Barat yang juga Wasekjen DPP AMPI itu berkomentar.

Ditegaskan Wahyudi Thamrin, tahun pertama menjabat Pj.Walikota Payakumbuh di mata masyarakat Kota Payakumbuh kinerjanya Rida Ananda yang sebelumnya menjabat sebagai Sekdako Payakumbuh dinilai masyarakat cukup berhasil.

“ Selama diberi amanah menjabat Pj.Walikota Payakumbuh, kinerja Rida Ananda dinilai cukup baik dan berhasil. Bahkan dia mampu menjalin hubungan harmonisasi dengan Forkopimda, DPRD termasuk dengan lembaga sosial masyarakat (ORMAS), kalangan ninik mamak, parpol serta kalangan pegawai di lingkungan Pemko Payakumbuh yang merasa nyaman bekerja di bawah kepemimpinan Rida Ananda, ” ungkap tokoh muda yang kini banyak berkiprah di tingkat pusat itu.

Tak hanya itu, tukuk Wahyudi Thamrin, selama menjabat Pj.Walikota Payakumbuh, Rida Ananda sudah banyak mendapatkan penghargaan, baik dari Pemprov Sumbar dan Pemerintahan Pusat. Disamping itu dia juga berhasil menjalin hubungan baik dengan berbagai lembaga dan lapisan masyarakat dan Rida Ananda termasuk seorang pimpinan yang peka terhadap masalah sosial yang muncul di daerahnya.

“ Lihat sajalah buktinya, ketika ada masyarakat menginformasikan terjadi peristiwa atau masalah sosial di tengah masyarakat di daerah yang dipimpinnya, Pj.Walikota Rida Ananda dengan cepat langsung merespon persoalan tersebut. Bahkan tidak jarang terjadi, dia langsung yang turun tangan menyikapi laporan masyarakat tersebut,” ujar tokoh muda yang banyak berkiprah di kancah nasional itu.

Diakui Wahyudi Thamrin, secara pribadi dia sering mendapat laporan dari masyarakat Kota Payakumbuh bahwa Pj. Walikota Rida Ananda bukan tipe pejabat formal dan tidak suka birokrasi yang berbelit-belit.

Apalagi menyikapi masalah pelayanan dan mengurus masalah sosial untuk warga kurang mampu, apabila ada warga yang mengabarkan terjadi masalah sosial di masyarakat dan apakah informasi tersebut disampaikan oleh warga melalui media sosial Rida Ananda langsung turun merespon.

“ Itulah alasannya kenapa saya meminta Mendagri Tito Karnavian untuk memperpanjang SK Rida Ananda sebagai Pj.Walikota Payakumbuh periode 2023-2024.” pungkas Wahyudi Thamrin yang juga dikenal sebagai pratisi hukum itu. (rdo)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *