Sertijab Camat Harau, Bupati Safaruddin Harapkan Kompetensi Camat dalam Memimpin Kecamatan Multi Etnis

Lima Puluh Kota, Nuansapolitik.com

Kecamatan Harau merupakan etalase dan bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang merupakan satu-satunya kecamatan yang multi etnis. Untuk itu, kompetensi seorang camat sangat dibutuhkan dalam memimpin perangkat kecamatan serta membimbing Nagari agar terciptanya komunikasi efektif dan rasa toleransi antar etnis yang bermukim di Kecamatan Harau. “Selain itu, kedudukan Camat dinilai strategis karena mendapatkan pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati untuk melaksanakan urusan otonomi daerah. Untuk itu, Camat harus mewujudkan manajemen dan gagasan inovasi pelayanan publik yang bermutu, efektif, dan efisien di wilayahnya,” ungkap Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam sambutannya usai menyaksikan serah terima jabatan (Sertijab) pejabat Camat Harau, dari pejabat lama Andri Yasmen ke pejabat baru Rahmat Hidayat serta pelantikan dan Sertijab Ketua TP PKK Harau dari Ny. Hafni Andri Yasmen kepada Ny. Nunung Rahmat Hidayat, di Lapangan Kantor Camat Harau, Kamis, (23/02/2023). Tampak hadir pada acara sertijab, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, unsur perangkat daerah, Forkopimca, Wali Nagari se kecamatan Harau, Tokoh masyarakat, dan sejumlah camat di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin pada bagian lain sambutannya mengatakan, Rahmat Hidayat selaku camat yang baru, harus membangun sinergitas dan integritas untuk mewujudkan Kecamatan Harau yang lebih maju dengan memaksimalkan segala potensi yang ada sebagai penggerak untuk memajukan wilayah yang ia pimpin. “Tidak hanya itu, dengan target angka stunting 14 % pada tahun 2024, Camat juga harus terlibat untuk menurunkan angka tersebut dengan mengedukasi masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan dini, memaksimalkan pola asuh, pengoptimalan peran kader bina keluarga balita,” ungkap Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin dalam sambutannya mengatakan, PKK melalui 10 program pokoknya merupakan mitra strategis pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Sesuai dengan Visi dan Misi PKK yaitu terwujudnya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan SDM berkualitas melalui ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup dan pelayanan dasar, kami berpesan kepada Ketua TP PKK Kecamatan Harau yang baru dapat menjalankan program-program prioritas PKK Kabupaten Lima Puluh Kota dengan baik serta meningkatkan prestasi di berbagai bidang lomba yang diikuti oleh TP-PKK Harau,” tandas Nevi Safaruddin.

Tidak hanya di Harau, hari ini turut dilangsungkan Sertijab Pejabat Camat di Kecamatan Lareh Sago Halaban (Lasahan). Prosesi Sertijab pejabat Camat Lasahan dari pejabat lama Rumellia ke pejabat baru Wahyu Marmora dipimpin oleh Asisten I Herman Azwar. Di momen tersebut, juga dilakukan pelantikan dan Sertijab Ketua TP PKK Lasahan dari Ny. Mislaini Amir kepada Ny. Nilma Wahyu Marmora. (Rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *