SDN 04 Payakumbuh Gelar Kegiatan Khatam Al-Qur’an, Wisuda Tahfizh dan Wisuda Iqra’

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Sekolah Dasar Negeri 04 Labuh Baru yang juga dikenal SD Simpang Benteng, merupakan iconnya Kota Payakumbuh. Selain dijuluki sebagai sekolah favorit, juga sangat diminati oleh masyarakat dua daerah kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dan bahkan dari luar daerah pun menginkan memasukan anaknya untuk sekolah di sekolah tersebut.

Adanya kerja sama antara wali murid dengan majelis guru untuk membangun jati diri sekolah, juga menambah kegairahan untuk menjadikan anak didik yang berkwalitas, cerdas dan berkarakter.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh DR.Dasril S.Pd, MM ketika memberi sambutan pada acara berkhatam Al-Quran, wisuda Tahfizh dan wisuda Iqra’ murid-murid sekolah SDN O4 Payakumbuh, Kamis (2/3/2023).

Diakui Dasril, SDN 04 merupakan perintis terlaksananya acara khatam Al-Quran, wisuda Tahfizh dan wisuda Iqra’ yang sudah ke 7 kali dilaksanakan dan sudah merupakan agenda tahunan bagi SDN 04 Labuah Baru Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh.

Upacara berkhatam Al-Qur’an diikuti sebanyak 61 orang murid, wisuda Tahfizh sebanyak 4 orang dan wisuda Iqrak 17 orang. Semua anak didik yang berkhatam dan diwisuda tersebut adalah murid- murid yang didik di Masjid Ar-Rahman SDN 04 yang dia bangun sejak setahun lalu atas partisipasi wali murid lainnya.

Acara berkhatam ini sudah yang ke tujuh dilaksanakan oleh sekolah  yang kini dipimpin oleh Plt. Kepala Sekolah Wira Hayu,S.Pd.

Rangkaian dari acara ini, Rabu 1 Maret 2023 dilaksanakan pembacaan Al- Quran dengan istilah basimak, merupakan penilaian oleh tim juri.

Hasil dari penilaian akan diumumkan pada hari kedua 2 Maret 2023 yang merupakan acara puncak sekaligus pemberian hadiah bagi pemenang.

Pada hari puncak acara, menurut Plt Kepsek 04 Payakumbuh Wira Bayu akan dihadiri oleh Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda dan OPD terkait, DPRD dan undangan lainnya.

Acara basimak ini pagi Rabu 1 Maret 2023 telah dibuka secara resmi oleh Plt. Kepsek SDN 04 Payakumbuh ibu Wira Hayu, S.Pd.

Wira Hayu,SPd ketika menyampaikan sekapur sirih pada acara puncak mengajak semua wali murid agar menjadikan anak sebagai bintang emas dalam keluarga. Hal ini akan memotifasi anak-anak untuk giat belajar baik di rumah maupun di sekolah.

Herlina.SH staf ahli Walikota Payakumbuh yang mewakili walikota menyampaikan harapan khusus bagi anak-anak yang dirayakan ini, agar tidak puas dengan hasil yang dicapai. Terus tingkatkan mempelajari ilmu Al-Quran karena banyak ilmu yang bisa diperdapat dari isi kitab suci Al-Quran itu.

Sementara tim Komite sekolah yang diwakili oleh Alhadi Hamid mengatakan, bahwa sekolah SDN 04 ini perlu perawatan.

Menyiapkan pembangunan Masjid Ar-Rahman milik sekolah harus cepat diselesaikan untuk kepentingan anak didik yang merupakan hasil infak dari wali murid.

“Alhamdulilah Pemko  Payakumbuh sudah menghibahkan tanah untuk itu dan sebagian dijadikan halaman sekolah. Target sekolah bersama Komite, wajah depan sekolah SDN 04 ini akan diarahkan arah kiblat, sehingga anak-anak akan lebih senang bermain dan berolah raga di halaman itu, “jelas Wira Hayu, S.Pd menambahkan.

Pada hari kedua yang merupakan acara puncaknya,  telah melahirkan juara-juara Khatam Al-Quran SDN04. Juara pertama didapat oleh Arbi Ladira Okjasti, juara II Luciano dan juara III didapat oleh Nabila Zulfan.

Juara 1 dan II mendapat hadiah bintang mas dan beberapa tambahan hadiah. Untuk juara pertama hadiah bintang mas dari ustad Heri Yusuf urang awak perantau dan bekerja di  PT. Privort.

“Semua peserta khatam Al Quran sebanyak 61 orang 4 orang wisuda Tahfizh dan 17 orang wisuda Iqro’ mendapat hadiah yang disediakan panitia dan sumbangan dari donatur,” pungkas Wira Hayu, S.Pd. (dod)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *