Rezka Oktoberia: Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Penting untuk Warga Negara

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia, menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Resto Kisai Argo Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Selasa (23/1/2024).

Menurut srikandi Partai Demokrat yang juga Bundo Kanduang di ranah Luak Limopuluah yang kini maju kembali sebagai calon anggpta DPR RI pada Pileg 2024 itu, sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat.

Rezka Oktoberia juga menekankan bahwa, mengamalkan Pancasila dan berpegang teguh terhadap Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika adalah bagian dari cara masyarakat Indonesia dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Menurut Rezka yang juga anggota MPR RI itu, pentingnya Empat Pilar Kebangsaan ini disosialisasikan agar kehidupan berbangsa dan bernegara lebih kokoh dan tetap menjadi prinsip-prinsip dalam hidup bermasyarakat.

“Konsepsi Empat Pilar Kebangsaan sudah sangat melengkapi sebagai bahan dan acuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara. Tidak pernah ada pertentangan antara Pancasila dengan Budaya Lokal, apalagi budaya Minang,” papar Rezka.

Selain itu, Rezka menuturkan sebagai pengawal ideologi Pancasila, MPR merupakan lembaga yang akan selalu menjaga kelestarian Pancasila. Selain itu, MPR juga mengemban tugas memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

“Tak henti-hentinya saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumbar, khususnya masyarakat di Daerah Pemilihan Sumbar 2 untuk terus menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan negara kita dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila,” kata Rezka.

Sementara, salah satu peserta sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,Yon Alnis Tuangku Malin Bagogo Nan Runcing menyambut baik kegiatan ini. Untuk meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan.

“Sebagai ujung tombak dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, Empat Pilar Kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dan Empat Pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu,” ujar Tuangku sapaan akrab Yon Alnis.

Tuangku juga mengatakan, dengan mengikuti sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, kita berharap peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga, mampu pula menjelaskan serta menanamkan Empat Pilar Kebangsaan ini sejak dini, minimal di lingkungan masyarakat ataupun orang terdekat kita dalam kehidupan sehari-hari, menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutup Yon Alnis

Kegiatan tersebut di hadiri ratusan tokoh adat seperti Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Cadiak Pandai, Alim Ulama se Kota Payakumbuh termasuk kalangan muda serta tamu undangan lain nya. (rdo)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *