Rawat dan Lestasrikan WBTB, Sastri Andiko Alokasikan Dana Pokir untuk Alek Anak Nagari ‘Pacu Tabang Itiak’

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com –

Dalam rangka merawat dan terus melestarikan permainan anak nagari yang sudah menjadi tradisi di Kabupaten Limapuluh Kota yang juga merupakan Warisan Budaya Tak Benda WBTB), anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Sastri Andiko kader Partai Demokrat mengalokasikan dana pokok pikirannya (pokir) untuk kegiatan Pacu Tabang Itiak.

Kepada NuansaPolitik.com , Ketua Persatuan Olahraga Terbang Itiak (PORTI) Kabupaten Limapuluh Kota ini mengakui bahwa, sudah 2 tahun dana pokir atau aspirasinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dialokasikan untuk mendukung kegiatan alek Pacu Tabang Itik yang sudah menjadi kalender wisata Provinsi Sumatera Barat ini.

Satu tahun anggaran, ungkap Sastri Andiko, yang kini maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Sumbar bersama Partai Demokrat itu, dia mengalokasikan dana pokir sebanyak Rp60 juta disalurkan untuk membina dan mendukung alek anak nagari Pacu Tabang Itiak yang setiap tahunnya bergulir pada 6 gelanggang Pacu Tabang Itiak.

“ Diharapkan dengan dukungan dana pokir ini bisa terus mendorong anak nagari untuk menjaga Warisan Budaya Tak Benda yang menjadi kebanggaan masyarakat Luak Limopuluah ini,” ulas Sastri Andiko.

Di Kabupaten Limapuluh Kota, ungkap Sastri Andiko, selain Pacu Jawi, juga terdapat permainan anak nagari Pacu Tabang Itiak yang hingga saat ini masih bertahan dan dilestarikan. Khusus untuk seni tradisi anak nagari Pacu Tabang Itik ini, dikenal dengan keunikannya, sebab tak ada permainan Pacu Tabang Itiak ini di daerah lain di Tanah Air.

“Pacu Tabang Itiak di Kabupaten Limapuluh Kota dimainkan secara turun temurun oleh anak nagari, selain di Kabupaten Limapuluh Kota, permainan itu juga terdapat di daerah tetangga yakni Kota Payakumbuh. Pacu Tabang Itiak ini kerap ditampilkan diberbagai ivent penting, diantaranya pada pembukaan Tour de Singkarak (TdS) di Kota Payakumbuh dan Festival Warisan Budaya Tak Benda yang baru-baru ini digelar di Kota Payakumbuh,” ujar Sastri Andiko.

Diungkapkan Sastri Andiko, untuk tahun anggaran 2023 ini, dia juga telah mengalokasikan dana pokirnya sebanyak Rp60 juta untuk terus melestarikan dan menjaga permainan anak nagari Pacu Tabang Itiak yang digelar di 6 gelanggang yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

” Sebagai pengurus PORTI Kabupaten Limapuluh Kota, dia berharap permainan anak nagari Pacu Tabang Itiak ini terus mendapat perhatian dari banyak pihak, termasuk dari Pemerintah Daerah,” tambah mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota ini.

Sementara itu pengurus PORTI Padang Laweh, Nagari Sikabu-Kabu Tanjung Haro Padang Panjang (SITAPA) Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota kepada media ini mengungkapkan bahwa pada tanggal 18 dan 19 November 2023 mendatang bakal gelar alek anak nagari Pacu Tabang Itiak di Gelanggang Padang Laweh yang direncanakan akan dihadiri Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan sejumlah anggota DPR-RI.

” Insya Allah, PORTI Padang Laweh akan menggelar Pacu Tabang Itiak pada tanggal 18 hingga 19 November 2023 di Gelanggang Padang Laweh,” sebut Ketua PORTI Padang Laweh Zetrizal, Selasa (17/10/2023).

Menurutnya, kegiatan itu digelar sesuai agenda tahunan reind bond dan rapat pengurus PORTI.

” Kegiatan kita gelar sesuai agenda tahunan reind bond dan rapat pengurus PORTI. Kita perkirakan akan diikuti ratusan peserta dari 12 gelanggang yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Pacu Tabang Itiak ini nantinya direncanakan akan dihadiri Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro rajo serta sejumlah anggota DPR-RI.” tutup Zetri diamini Sekretaris Andika. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *