PKS Daftarkan 35 Bacalegnya ke KPU Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com

Buktikan keseriusan dan kesiapan untuk mengikuti dan memenangkan Pemilu Legislatif (Pileg) serentak tahun 2024, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota menjadi partai politik (Parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota di Jalan Raya Negara Tanjung Pati Kecamatan Harau, Rabu (10/5/2023).

Diawali arak-arak dari kantor DPD di kawasan Kandang Lamo, Tanjung Pati Harau, puluhan kader, simpatisan dan relawan mendampingi pengurus DPD untuk mendaftar ke 35 bacalegnya ke KPU.

Kedatangan rombongan PKS itu dinanti Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon didampingi empat Komisioner serta Komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata.

Usai mendaftar, empat orang pengurus DPD PKS menuju aula KPU untuk proses pemeriksaan berkas-berkas kelengkapan pendaftaran. Sekitar satu jam dilakukan pemeriksaan berkas dan kelengkapan.

” Hari ini adalah hari kesepuluh tahapan Penerimaan Pengajuan Persyaratan Bacaleg DPRD Kabupaten Limapuluh Kota di KPU. Dan hari kesepuluh ini sudah hadir, datang dan mendaftar partai politik PKS. Setelah kita lakukan proses pengecekan oleh kawan-kawan tim berkas lengkap dan telah Memenuhi Syarat (MS) “ ucap Masnijon usai kegiatan.

Ia juga menambahkan, ada tiga hal yang diajukan partai saat mendaftar, yang pertama adalah Syarat Pengajuan Bakal Calon, ke dua Daftar Bakal Calon dan ketiga Dokumen Persyaratan Administrasi.

” Ada tiga Syarat yang diajukan Parpol saat mendaftar ke KPU, pertama pengajuan bakal calon berbentuk fisik, Alhamdulillah sudah dinyatakan kawan tim lengkap, kemudian daftar bakal calon itu juga dalam bentuk fisik dalam formulir model b, itu juga telah Memenuhi Syarat (MS), ketiga Dokumen Persyaratan Persyaratan Administrasi dalam bentuk digital dalam SILON juga telah memenuhi syarat.” tambahnya.

Sementara Ketua DPD PKS Kabupaten Limapuluh Kota, David Fery Andrio bersyukur dengan telah selesainya pendaftaran PKS di KPU dan dinyatakan lengkap dan Memenuhi Syarat. Partai dengan nomor urut 8 itu lengkap mendaftarkan 35 orang Bacaleg dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil)

” Alhamdulillah, hari ini tanggal 10 PKS sudah menjadwalkan untuk mendaftar ke KPU, dan Alhamdulillah tadi sudah dinyatakan lengkap oleh Ketua KPU. Dapat kita sampaikan PKS mendaftar Bacaleg lengkap 35 orang,” ucapnya diamini Sekretaris, Oktafyandi dan Petugas Penghubung (LO) Muhammad Bendra.

Ia juga menambahkan, 35 orang Bacaleg yang didaftarkan tersebut Dapil 1 (8 orang), Dapil 2 (5 orang), Dapil 3 (8 orang), Dapil 4 (9 orang) dan terakhir Dapil 5 (5 orang).

” Untuk Bacaleg yang kita daftarkan Alhamdulillah lengkap mencapai 35 orang untuk lima Daerah Pemilihan (Dapil).” tutupnya.

Terkait Proses Pendaftaran ke KPU sejak tanggal 1 hingga 14 Mei nanti, Komisioner Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan terjadinya pelanggaran, diantaranya dengan berkirim surat ke KPU agar melakukan pelayanan yang sama kepada seluruh partai politik, kemudian menerima pendaftaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan, memeriksa dengan teliti seluruh dokumen yang diserahkan oleh partai politik sesuai dengan mekanisme yang ada di PKPU.

” Untuk langkah-langkah pencegahan terjadinya pelanggaran saat pendaftaran sudah kita lakukan, diantaranya dengan berkirim surat ke KPU agar melakukan pelayanan yang sama kepada seluruh partai politik, kemudian menerima pendaftaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan, memeriksa dengan teliti seluruh dokumen yang diserahkan oleh Partai Politik sesuai dengan mekanisme yang ada di PKPU,” ucap Ismet.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota itu juga menyebutkan pihaknya juga sudah mengunjungi partai politik untuk mengingatkan terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi dan kendala yang dihadapi selama proses dan mengingat hal yang boleh dan tidak dilakukan selama proses pendaftaran.

” Kita juga sudah mengunjungi partai politik untuk mengingatkan terkait syarat-syarat yang harus dipenuhi dan kendala yang dihadapi selama proses dan mengingat hal yang boleh dan tidak dilakukan selama proses pendaftaran, contoh melibatkan ASN dan kendaraan Dinas saat mendaftar ke KPU.” tutupnya.

Dalam Pendaftaran PKS ke KPU tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Penasihat PKS Kabupaten Limapuluh Kota, Riza Falepi, Ketua Dewan Etik Daerah, Ustad Suhadian Bavo, Ketua Pemenangan, Ahlul Badrito Resha (ABR), Ketua Bidang Kaderisasi, Ustad Efendi Mukhtar, Ketua TRC, Hermasyah. (dod)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *