Pesan Bupati ke Bundo Kanduang Limapuluh Kota, Tampakkan Eksistensi, Saling Sinergi, dan Jalin Komunikasi

Limapuluh Kota, Nuansapolitik.com–Bupati Limapuluh Kota, H.Safaruddin Dt. Bandaro Rajo berharap di zaman globalisasi, Pengurus Bundo Kanduang Limapuluh Kota periode 2023-2025 menampakkan eksistensi dalam upaya melestarikan budaya Minangkabau. Selain itu, Bundo Kanduang harus saling bersinergi dan bekerja sama dengan Niniak Mamak untuk kemajuan daerah dari segala aspek kehidupan. Harapan itu disampaikan Bupati sesaat setelah menyaksikan Pelantikan Organisasi Bundo Kanduang Limapuluh Kota, periode 2023-2025 di Gedung IPHI, Minggu siang, (06/08/2023). Dilantik oleh Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof.Puti Reno Raudha Thaib, Bundo Kanduang Limapuluh Kota secara resmi dinahkodai oleh Nengsih. Tampak hadir dalam pelantikan, Ketua LKAAM Limapuluh Kota Zulhikmi Dt.Rajo Suaro, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPPPA) Ayu Mitria Fadri serta perwakilan Bundo Kanduang dari 13 Kecamatan dan 79 Nagari di Limapuluh Kota.

Di bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin mengatakan, transformasi dan adaptasi yang cepat dalam perkembangan zaman sangat dibutuhkan dalam melestarikan budaya Minangkabau. “Bundo Kanduang dituntut untuk memperkuat peran dalam membentengi anak sekaligus memelihara adat dan budaya Minangkabau, oleh karena itu, Bundo Kanduang harus memiliki sifat kepemimpinan dan ibu sejati,” terangnya. Kemudian Bupati mengajak Bundo Kanduang dan Niniak Mamak kembali jadi orang Minang sejati sesuai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah dimana Niniak Mamak dan Bundo Kanduang berperan penting mendidik anak kemenakan dengan tiga kecerdasan yaitu intelektual, emosional, dan spiritual. “Jika kita mampu mendidik serta menyeimbangkan ketiga kecerdasan tersebut, maka nagari-nagari ini nantinya dapat jadi poros pembangunan daerah,” pungkas Bupati Safaruddin.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Nengsih selaku Ketua Bundo Kanduang Limapuluh Kota periode 2023-2025 mengungkapkan bahwa kehadiran Kepala Daerah selaku ‘Payuang Panji’ pada acara temu ramah serta pelantikan Bundo Kanduang Limapuluh Kota ini memberikan kesan yang dalam terhadap keberlangsungan organisasi Bundo Kanduang. Beliau juga mengatakan, Bundo Kanduang Limapuluh Kota sebagai mitra kerja Pemerintah siap mewujudkan dan mendukung program program yang dilaksanakan Pemerintah Limapuluh Kota. Selain itu Bundo Kanduang juga siap berkomitmen untuk mendidik generasi muda dan akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah. “Bundo Kanduang siap wujudkan SDM yang beradat, berbudaya berdasarkan filsofi adat basandi syara, syarak basandi kitabullah,” tutupnya. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *