Peringati Hari Guru dan HUT PGRI ke 77 Tahun 2022, Ini Pesan Kadisdik Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril, mengucapkan selamat Hari Guru 2022 dan HUT PGRI ke-77. Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 yang bertemakan ‘Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar’ menjadi relevan dengan kebijakan yang diberlakukan secara nasional di sektor pendidikan.

Dasril berharap agar para guru bisa menjadi pelita untuk menerangi bangsa dengan menciptakan generasi yang cemerlang dalam prestasi akademik maupun non akademik.

Ia juga berpesan agar para guru di sekolah lebih mengutamakan dalam mendidik para generasi penerus bangsa, para guru juga diharapkan memberikan tauladan, disamping itu para guru diminta untuk selalu melakukan tindakan yang bisa meningkatkan mutu.

“Peran guru paling utama adalah mendidik jadi bukan hanya sebatas mengajar dikelas, menjadi tauladan, melakukan tindakan yang bisa meningkatkan mutu. Membuat inovasi yang kreatif memotivasi para murid-muridnya agar dapat percaya diri akan kemampuan diri, supaya torehan prestasi dapat dihasilkan,”ungkap Dasril saat diwawancara NuansaPolitik.com Jum’at (25/11/2022).

Menurutnya menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia, selain memberikan ilmu kepada para generasi muda di kelas, sosok guru juga pengabdi yang tulus terhadap bangsa karena tugas mulia guru yakni menciptakan masa depan yang gemilang bagi bangsanya.

“Guru merupakan pekerjaan yang teramat mulia dalam memberikan ilmu kepada para generasi. Sosok guru merupakan pengabdi yang tulus terhadap bangsanya,” jelasnya.

Dasril juga menambahkan, Pemerintah Kota Payakumbuh bersama pengurus PGRI daerah ini berupaya untuk membekali kompetensi para guru, seperti dengan pelaksanaan seminar untuk menindaklanjuti penerapan kurikulum merdeka sebagai tindak lanjut dari kebijakan merdeka belajar.

Seperti halnya implementasi kurikulum merdeka sebagai kebijakan merdeka belajar, bukan berfokus pada keinginan guru dalam proses pembelajaran, melainkan peserta didik sebagai objek pendidikan mendapatkan pengembangan potensi yang dimilikinya untuk menjadi pribadi berprestasi, secara akademik dan non akademik.

Dalam rangka peringatan Hari Guru, ulas Dasril, dia mengajak semua guru, bagaimana kebijakan merdeka belajar dalam bentuk implementasi kurikulum merdeka sekarang, guru semakin kreatif dan inovatif, bagaimana tercipta proses pembelajaran yang berfokus pada siswa bukan keinginan gurunya, siswa sebagai objek pendidikan untuk mendapatkan pengembangan potensi dirinya. Pembelajaran yang diberikan guru diharapkan lebih bermakna pada peserta didik. (rio briges)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *