Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Aplikasi SIPAGA

Payakumbuh, Nuansapolitik.com– Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Barang Milik Daerah dan Penggunaan Aplikasi Sipaga di Aula Ngalau, Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh, Senin (23/10/2023).

Acara yang akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada 23 dan 24 Oktober 2023 tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Payakumbuh, beserta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Rida Ananda menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi pemanfaatan BMD dan penggunaan Aplikasi Sipaga.

“Ini adalah salah satu upaya mencegah korupsi di lingkungan Pemko Payakumbuh. Salah satu titik rawan korupsi adalah pegawai menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi terhadap fasilitas kantor seperti ruang kerja, parkir, kendaraan dinas, peralatan kerja seperti laptop, komputer, dan barang persediaan lainnya seperti alat tulis kantor dan lain-lain,” ujar Rida.

Lebih lanjut, Rida menyampaikan terkait pencegahan penyalahgunaan barang milik daerah, pemko sudah menandatangani pakta integritas barang milik daerah terkhusus kendaraan dinas.

“Harapannya pakta integritas yang ditandatangani oleh ASN yang memegang kendaraan dinas tidak hanya sekedar memenuhi nilai di atas kertas tetapi memang diterapkan secara benar dalam aktivitas sehari-hari,” imbuh Rida.

Dikatakan Rida, selain sosialisasi pemanfaatan BMD terkhusus penggunaan fasilitas kantor, juga sekaligus sosialisasi penggunaan aplikasi Sipaga. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibangun oleh Pemprov Sumatera Barat yang merupakan gabungan dua aplikasi yakni informasi standar harga dan aplikasi Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD).

“Kepada seluruh kepala SKPD kami harapkan agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jadikan kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu upaya meningkatkan keahlian dan pengetahuan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah ini secara resmi kami nyatakan dibuka,” pungkas Rida. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *