Pemkab Limapuluh Kota Siap Wujudkan Kemanunggalan TNI dan Masyarakat

Limapuluh Kota, Nuansapolitik.com

Dalam rangka memberi gambaran untuk mensukseskan rencana kegiatan terpadu Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 116 tahun anggaran 2023, Dandim 0306/50 Kota, Letkol.Inf. Deny Nurcahyono menyampaikan paparan persiapan kegiatan di hadapan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin pada Rabu, (08/02/2023).

Diselenggarakan di Ruang Rapat Bupati, paparan yang disampaikan Letkol Deny turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, Asisten I Herman Azmar, inspektur beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Wali Nagari Sitanang Hardison Dt.Tulahir, Wali Nagari Ampalu Fahmi Akbar, dan sejumlah pejabat utama Kodim 0306/50 Kota.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pelaksanaan TMMD/N 116 tahun 2023 akan diselenggarakan di Kecamatan Lareh Sago Halaban dan direncanakan membuka ruas jalan yang menghubungkan Nagari Sitanang dengan Nagari Ampalu. “Panjang jalan yang akan dibuka sepanjang 8200 dengan membuka jalan baru sepanjang 4500 m, pelebaran jalan di Ampalu 1200 meter, dan di Sitanang sepanjang 2500 meter,” ungkap Letkol Deny. Ia menambahkan, sasaran fisik penyiapan badan jalan dan pembukaan jalan melibatkan 150 personil yang terdiri dari 150 personil dengan rincian 110 orang anggota satgas, 15 orang kelompok komando dan 25 orang asitensi teknis.

Di bagian lain penyampaiannnya, Letkol Deny menjelaskan, dengan dibukanya jalan baru yang menghubungkan kedua nagari akan memiliki multiflier efek yang menguntungkan masyarakat, utamanya akan menghemat waktu tempuh yang menjadikan distribusi hasil pertanian maupun perkebunan dan akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat. Kemudian dari aspek pertahanan sendiri, pembukaan jalan ini akan menjadi pangkal perlawanan wilayah, serta mendukung kelancaran distribusi logistik untuk mendukung operasi tempur. “TMMD tahun 2023 diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan bela negara serta gerakan cinta tanah air bagi masyarakat dan dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dan masyarakat,” pungkas Letkol Deny.

Menanggapi paparan Dandim 0306/50 Kota, Bupati Safaruddin mengapresiasi dan siap mewujudkan kemanunggalan TNI dan masyarakat. Ia menjelaskan, kegiatan TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang akan bersinergi dengan program-program pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di wilayah Nagari. “Kami berterima kasih kepada Kodim 0306/50 Kota yang telah mendukung pembangunan wilayah pinggir Limapuluh Kota sesuai dengan salah satu program unggulan Pemkab Limapuluh Kota,” ucap Bupati Safaruddin. Dilanjutkannya, pembangunan jalan yang menghubungkan antara Nagari Sitanang dan Ampalu sepanjang 8,2 kilometer dan diyakini akan membuka akses perekonomian masyarakat di dua Nagari.

Bupati Safaruddin berharap, kegiatan TMMD ke-116 dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan berkolaborasi dan bersinergi dalam menyukseskan program TMMD. Tidak hanya itu, Bupati meminta pelaksanaan TMMD dapat dikolaborasikan dengan sejumlah program pelayanan penyuluhan sejumlah OPD di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain itu, Bupati Safaruddin berpesan masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan. Dengan begitu, tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal. “Diperlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan, dan kesabaran dari seluruh stakeholder dalam mensukseskan TMMD tahun ini,” pesannya. (Rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *