Payakumbuh Botuang Festival 2023 Kembali Digelar, Dilaunching Pada Malam Grand Final Pemilihan Uda dan Uni

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda launching Payakumbuh Botuang Festival (PBF) 2023 di GOR M. Yamin Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utar,a Kota Payakumbuh, Senin malam 26 Juni 2023 pukul 21.00 Wib. PBF kembali digelar setelah beberapa kali tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

Selain Rida Ananda ikut mendampingi dalam launching itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nofriwandi, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh, YB. Dt. Permato Alam, ASITA, Ketua Dekranasda Payakumbuh, Elfriza Zahar. Launching tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan di pentas utama.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda menyebutkan PBF kembali dilaksanakan setelah beberapa tahun tidak bisa terlaksana akibat pandemi Covid-19. Untuk itu ia berharap PBF tahun 2023 ini bisa bermanfaat untuk semua, terutama untuk mempromosikan Payakumbuh dan menghidupkan ekonomi masyarakat.

” Alhamdulillah tahun ini Payakumbuh Botuang Festival kembali bisa dilaksanakan setelah beberapa tahun tidak kita gelar akibat pandemi Covid-19. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua, terutama untuk mempromosikan Payakumbuh dan menghidupkan ekonomi masyarakat,” ucap Rida.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh itu juga menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh ia bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, panitia, OPD dan masyarakat yang mendukung kegiatan ini, termasuk mensukseskan Pemilihan Uda-Uni Pariwisata Kota Payakumbuh tahun 2023.

” Terima kasih untuk dukungan semua pihak yang mensukseskan Payakumbuh Botuang Festival dan Pemilihan Uda-uni Pariwisata Kota Payakumbuh tahun 2023.” ucapnya.

Rida Ananda juga berharap, Uda-Uni Pariwisata Kota Payakumbuh terpilih bisa mempromosikan Payakumbuh ke dunia luar, sehingga semakin dikenal dan banyak wisatawan yang datang yang akhirnya berdampak dengan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Payakumbuh Botuang Festival 2023 akan digelar 13-15 Juli 2023 di Taman Batang Agam dengan sejumlah kegiatan, diantaranya botuang music performance, malenggok botuang, layang-layang, exibition, barakik-rakik, UMKM dan kreatif expo.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nofriwandi menyebutkan bahwa Payakumbuh Botuang Festival Kota Payakumbuh masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2023 akan digelar 13 sampai 15 Juli 2023 dan akan menghadirkan sejumlah kegiatan bertemakan bambu.

” Kita akan gelar sejumlah kegiatan nantinya yang bertemakan bambu,” sebutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda mengapresiasi Pemko Payakumbuh yang menggelar Pemilihan Uda-uni dan Launching Payakumbuh Botuang Festival 2023. Sumatera Barat yang saat ini tengah berbenah di sektor pariwisata butuh dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat, termasuk dari Kota Payakumbuh.

” Kita apresiasi Pemko Payakumbuh dengan kegiatan Pemilihan Uda-uni dan Launching Payakumbuh Botuang Festival 2023. Sumatera Barat yang saat ini tengah berbenah di sektor pariwisata butuh dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat, termasuk dari Kota Payakumbuh.” ucapnya.

Kedepannya Dinas Pariwisata Sumatera Barat memiliki banyak program untuk Uda-uni dalam mempromosikan wisata di Sumatera Barat.

” Kedepannya kita banyak program untuk Uda-uni dalam mempromosikan wisata di Sumatera Barat. Dan malam grand final Uda-uni Sumatera Barat akan kita gelar di Solok Selatan.” tutupnya.

Malam Launching Payakumbuh Botuang Festival (PBF) dan Pemilihan Uda-uni Kota Payakumbuh juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian, serta penampilan artis Minang asal Payakumbuh, Kintani, Helma Putri, Fanny. ((dod))

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *