PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro Rayakan Milad ke 17

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com-

Usia 17 tahun dapat dibilang sedang beranjak remaja. Ibarat seorang anak manusia, usia 17 tahun adalah usia yang perlu perhatian dan bimbingan agar meningkatkan eksistensi anak untuk menapak lebih matang lagi.

Sejarah telah merekam, pada tahun 2005 lalu lembaga pendidikan anak usia dini bernama PAUD-TK Al Amin lahir di Jorong Tanjung Haro, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Sekolah yang lahir dengan segala keterbatasan itu, meski tertatih-tatih namun perlahan-lahan bangkit mencari jati dirinya menjadi sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berkembang dan berhasil memberikan kontribusinya untuk dunia pendidikan anak usia dini di Kabupaten Limapuluh Kota, utamanya di Nagari Sitapa.

Kini, dalam usianya yang 17 tahun adalah momentum bagi PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro untuk bangkit lebih maju lagi menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu anak-anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

Hal itu disampaikan Kepada Sekolah PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro, Reflita Idrus, S.Pd.I, dalam sambutannya pada perayaan milad ke 17 yang berlangsung di halaman PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro, Selasa (13/12/2022).

Sementara itu Kepala Jorong Tanjung Haro Utara, Boy Eko Febrian dalam pidatonya bernyatakan berterima kasih kepada pengelola dan majelis guru yang telah bersusah payah mendidik anak-anak usia dini di Nagari Sitapa.

“ Pemerintahan jorong merasa prihatin dengan status guru yang masih honor. Namun meski dalam segala keterbatasannya, ternyata pengelola dan majelis guru berhasil membawa PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro menjadi lembaga pendidikan lebih baik dengan segala prestasi yang telah berhasil diraihnya. Kita berharap, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bisa menjadikan guru PAUD-TK Al Amin Jorong Tanjung Haro meningkatkan statusnya menjadi ASN atau P3K, ” harap Boy Eko Febrian.

Diakhir pidatonya Boy Eko Febrian meminta kepada orang tua yang ada di Jorong Tanjung Haro Utara agar menyerahkan pendidikan anak-anak mereka pada PAUD-TK Al Amin, karena di Jorong Tanjung Haro sudah ada sekolah PAUD.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Kasi Kurikulum PAUD PNF, Dedi Hendri, S.Pd mengucapkan selamat milad ke 17 untuk PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro.

“Semoga sekolah yang telah berprestasi ditingkat Kecamatan Luak, tingkat Kabupaten Limapuluh Kota dan tingkat Propinsi Sumatera Barat ini lebih maju lagi,” ucap Dedi Hendri.

Disampaikan Dedi Hendri, peran Bunda PAUD Nagari berperan penting untuk kemajuan lembaga pendidikan PAUD-TK di Nagari. Karena pendidikan anak usia dini merupakan lembaga pendidikan yang paling fundamental untuk menyiapkan sumber daya manusia. Peran pendidikan Anak Usia dini sangat signifikan dalam berbagai sektor kehidupan.

“ Tahun-tahun awal kehidupan anak merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan ketrampilan dasar yang dapat membantu anak dalam mengatasi kebutuhan hidup anak di kemudian hari. Hal ini menunjukkan bahwa betapa PAUD begitu diperlukan untuk mengembangkan ketrampilan dasar pada anak. Pendidikan Anak Usia dini juga sangat penting untuk membekali kompetensi masa depan anak-anak.”pungkas Dedi Hendri.

Perayaan milad ke 17 PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro yang berlangsung selama dua hari, selain dimeriahkan dengan ulang tahun massal anak juga disemarakan dengan penampilan tari-tarian yang dipersembahkan peserta didik dan orang tua murid berkolaborasi dengan majelis guru sebagai bentuk kerjasama antara wali murid dengan majelis guru dalam memajukan dunia pendidikan anak-anak mereka.

Hadir dalam perayaan milad ke 17 PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro itu, Camat Luak diwakili oleh staf ibuk Trisna, Pengawas TK Kecamatan Luak, Ramadani, S.Pd. AUD, MM, Pengawas TK Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Zulfa AM, S.Pd, Kepala beserta pendidik TK/KB se Kecamatan Luak, Kepala Sekolah dan majelis guru UPTD SD Negeri 02 Tanjung Haro serta Wali murid  PAUD-TK Al Amin Tanjung Haro.

Milad ke 17 PAUD-TK Al Amin yang juga dihadiri sejumlah awak media, tokoh masyarakat dan ninik mamak Jorong Tanjung Haro Selatan itu diakhiri dengan makan bajamba. (rio briges)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *