Pastikan BPSK Jalankan Tugas, Disperindag Sumbar Turun Lakukan Monitoring

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com –

Untuk memastikan Badan Penyelesaian Sengka Konsumen (BPSK) menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal di daerah, tim dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sumatera Barat melakukan monitoring ke Sekretariat BPSK Limapuluh Kota, Selasa (8/11).

Pada kesempatan itu hadir Fungsional Analisis Perdagangan Disperindag Sumbar, Roza Gustia bersama Fungsional Umum Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Sumbar. Sementara dari BPSK Limapuluh Kota, hadir Ketua Majelis, Nurmasdi bersama jajaran anggota.

“Kami hadir di BPSK Limapuluh Kota ini untuk sharing dan diskusi langsung dengan kawan-kawan majelis di sini,” kata Roza.

Dia mengatakan, kegiatan Monev dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pihaknya terhadap kinerja BPSK agar semakin maksimal dan perannya makin dirasakan masyarakat.

“Tadi kawan-kawan kita di BPSK Limapuluh Kota juga menyampaikan sejumlah kendala yang mereka hadapi, salah satunya terkait keberadaan BPSK yang belum terlalu familiar di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPSK Limapuluh Kota, Nurmasdi menyambut baik Monev yang dilakukan pihak provinsi tersebut. Menurut dia, kehadiran tim dari provinsi itu semakin mengangkat semangat majelis BPSK Limapuluh Kota untuk terus menunjukkan eksistensi di tengah-tengah masyarakat.

“Harus kita akui, masih cukup banyak warga Limapuluh Kota yang belum terlalu mengetahui terkait lembaga kita. Ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk lebih mengenalkan BPSK,” akunya.

Dia mengatakan, sepanjang 2022 ini jumlahnya laporan konsumen yang sudah diterima baru dua kasus. Dia mengakui bahwa jumlah itu masih cukup minim

“Kalau dikaji sebenarnya ada dua kemungkinan. Bisa jadi memang konsumen di Limapuluh Kota sudah cukup terlindungi sehingga tidak lagi dirugikan atau justru konsumen di Limapuluh Kota ini tidak tau kemana harus melapor ketika dirugikan,” katanya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh warga di Limapuluh Kota untuk memaksimalkan keberadaan BPSK apabila ada yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha dapat melapor langsung kr Sekretariat BPSK Limapuluh Kota yang beralamat di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Jln. Prof. Dr. Aziz Haily, MA No. 10 Bukik Limau, Sarilamak.

“Silahkan langsung melapor karena untuk di BPSK tidak ada biaya apa pun yang dibebankan kepada pelapor alias gratis,” pungkasnya. (dayat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *