Pasca Perbaikan Berkas Bacaleg, KPU Limapuluh Kota Mulai Lakukan Verifikasi

LIMAPULUHKOTA, NuansaPolitik.com –

Pasca berakhirnya masa pengajuan berkas perbaikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD pada Minggu 9 April 2023 pukul 23.59 Wib, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota mulai melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan oleh partai politik (Parpol) di Kabupaten Limapuluh Kota.

Verifikasi administrasi berkas perbaikan itu mulai dilakukan Senin 10 Juli hingga 31 Juli 2023. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Okto Rizaldi, di kantor KPU Jalan Raya Negara Kawasan Tanjung Pati Kecamatan Harau, Senin (10/7/2023).

” Di Kabupaten Limapuluh Kota di masa awal pengajuan berkas Bacaleg kita telah menerima dari 17 partai politik peserta Pemilu. Dan dimasa perbaikan juga telah diajukan perbaikan oleh 17 partai politik. Itu telah sesuai dengan tahapan dan jadwal,” sebut Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Okto Rizaldi didampingi dua Komisioner, Wendi Ahmad Wahyudi dan Rozi Wan.

Okto Rizaldi juga menambahkan, dua partai politik mengajukan berkas perbaikan di tanggal 7 dan 8 Juli, selebihnya mengajukan perbaikan di hari terakhir atau tanggal 9 Juli 2023.

” Dua Parpol mengajukan perbaikan di tanggal 7 dan 8 Juli, selebihnya mengajukan dihari terakhir masa perbaikan atau tanggal 9 Juli,” tambahnya.

Mantan staf Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota itu juga menambahkan, pasca pengajuan itu pihaknya telah melakukan proses administrasi.

” Mulai hari ini kita melakukan verifikasi perbaikan hingga tanggal 31 Juli nanti. Yang diverifikasi adalah syarat dari masing-masing Bacaleg yang diajukan oleh Parpol, mulai dari KTP hingga surat-surat atau dokumen.” ujarnya.

Pasca berakhirnya masa pengajuan berkas perbaikan, tidak ada lagi perbaikan berikutnya terhadap berkas Bacaleg yang diajukan Parpol ke KPU.

Sebelumnya, dihari terakhir masa pengajuan berkas perbaikan dokumen atau berkas pencalonan, 17 partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Limapuluh Kota mengajukan perbaikan.

Partai politik umumnya mengajukan perbaikan di hari terakhir masa perbaikan atau tanggal 9 Juli, hanya terdapat dua Parpol yang memilih mengajukan perbaikan diawal-awal waktu. (rdo)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *