Pasca Longsor di Ampangan, Anggota TNI, Polri, Dinas PUPR Dibantu Warga Bersihkan Material yang Menimbun Akses Jalan

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com–

Bencana tanah longsor yang terjadi di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Jum’at (5/1/2024) mendapat perhatian serius dari jajaran Kodim 0306/50 Kota, Polres Payakumbuh, Dinas PUPR dan masyarakat setempat untuk melakukan tanggap bencana dengan melakukan pembersihan terhadap material longsor yang menimbun akses jalan.

Sejumlah anggota TNI Kodim 0306/Kota, anggota Polres Payakumbuh bersama Dinas PUPR dibantu warga setempat melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsor yang menutupi jalan, Sabtu (6/1/2024).

” Untuk saat ini material tanah sudah berhasil dibersihkan. Meski demikian, kita tetap menghimbau masyarakat yang melewati lokasi longsor untuk tetap hati-hati karena jalanan masih licin sisa material tanah yang telah dibersihkan, ” ungkap Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha senada dengan Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari melalui Kasat Samapta AKP Imam Teguh dan Babinsa Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Serka Darman Dedi.

Menurut Kasat Samapta AKP Imam Teguh dan Babinsa Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Serka Darman Dedi, untuk membuka akses jalan yang tertimbun material longsor, anggota Kodim 0306/50 Kota, anggota Polres Payakumbuh bersama Dinas PUPR dibantu warga melakukan gotong royong membersihkan material longsor dengan melibatkan satu unit Eskapator.

“ Setelah dilakukan kegiatan gotong royong membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan, kini badan jalan sudah bersih dan arus lalu lintas yang melewati jalan di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan sudah dapat berjalan normal kembali baik kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga aktivitas warga berjalan dengan baik,” ulas Kasat Samapta AKP Imam Teguh dan Babinsa Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Serka Darman Dedi.

Diungkapkan, meskipkun saat ini akses jalan sudah terbuka dan bisa dilalui pengendara, namun pengguna jalan diminta tetap waspada karena bisa saja longsor kembali terjadi mengingat sampai saat ini kondisi curah hujan masih cukup tinggi.

“ Sesuai perintah Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dan Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, jajaran Koramil dan jajaran Polsek diminta untuk selalu tanggap dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana dan terus memonitor atau memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk bencana tanah longsor ini sehingga masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar.” pungkas Kasat Samapta AKP Imam Teguh dan Babinsa Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota Serka Darman Dedi (rdo)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *