Musrenbang RKPD Limapuluh Kota Tahun 2024 Bupati : Peningkatan SDM Didukung Pembangunan Infrastruktur dan Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Daerah

LIMAPULUH KOTA,NuansaPolitik.com

Pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 yang merupakan salah satu rangkaian dari proses penyusunan RKPD tahun 2024 dilakukan secara hybrid dan diikuti lebih kurang 250 peserta.

Prioritas Rencana Pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2024 kembali diarahkan kepada peningkatan sumber daya manusia yang didukung dengan pembangunan infrastruktur dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya daerah. Prioritas daerah selanjutnya adalah mewujudkan visi, misi dan agenda prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan dalam (RPJMD) Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021-2026. Hal tersebut disampaikan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2024, Kamis (09/03/2023) di Aula Kantor Bupati, Sarilamak.

Bertemakan Peningkatan sumber daya manusia yang didukung dengan pembangunan infrastruktur dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya daerah, Musrenbang turut dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Beni Sakti, Sekretaris Daerah Widya Putra, Anggota DPRD, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati Adek Nurhadi, Wakil Kepala PN Payakumbuh Adiswarna Chainur Putra, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Para Asisten, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, unsur Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh dan diikuti oleh kurang lebih 250 orang peserta baik secara offline maupun online yang terdiri dari perwakilan Bapeda Kota/Kabupaten yang berbatasan, unsur dari stakeholder, Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota serta delegasi dari masing-masing nagari dan kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPDtahun 2024 merupakan salah satu rangkaian dari proses penyusunan RKPD tahun 2024. Sebelumnya telah dilalui pelaksanaan Musrenbang nagari, Forum Konsultasi Publik, Musrenbang kecamatan, dan Forum Perangkat Daerah. “Perencanaan pembangunan di tahun 2024 ini merupakan rancangan pembangunan tahun ketiga yang disusun dalam RPJMD tahun 2021-2026 dalam rangka menyukseskan visi dan misi daerah yaitu Mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani Beradat Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujarnya.

Selanjutnya Ia mengatakan, peningkatan prestasi telah ditunjukkan jajaran Pemkab Limapuluh Kota, diantaranya pertumbuhan ekonomi sebesar 4,04% termasuk yang tertinggi di Sumatera Barat, sedangkan Indeks Pembangunan Manusia menyentuh angka 70,28 atau dengan kategori tinggi, untuk angka masyarakat miskin ada di 6,59 % serta sejumlah prestasi lainnya. Namun, Bupati Safaruddin meminta kepada seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan kinerja dan mempertahankan prestasi dalam mendukung terwujudnya visi daerah. Bupati Safaruddin mengungkapkan, untuk menyukseskan pembangunan daerah tahun 2024 diperlukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan baik itu disisi pemerintah, swasta dan masyarakat di daerah, sehingga akan terjadi pembangunan yang berkelanjutan, terpadu dan terarah untuk jangka panjang.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka penyampaian program prioritas pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2024 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama. Kemudian Ia menjelaskan, Musrenbang menjadi salah satu rangkaian dari proses penyusunan RKPD, yang telah dilakukan melalui sejumlah tahapan, dimulai dari Musrenbang nagari, forum konsultasi publik, Musrenbang kecamatan, dan forum OPD. (Ryo briges)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *