Membangun dari Pinggiran Bukan Retorika, Bupati Safaruddin Pastikan Jalan Lakuang-Luak Begak Segera Dikerjakan 

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com –

Masyarakat Jorong Lakuang, Nagari Koto Tinggi dan masyarakat Jorong Luak Begak, Nagari Talang Anau, saat ini benar-benar merasa senang  sekaligus gembira.

Pasalnya, jalan menuju ke dua nagari yang berada di wilayah pemerintahan Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota itu, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan karena telah bertahun-tahun rusak dan bahkan sebagian jalan tersebut masih jalan tanah, dipastikan tahun 2023 ini akan dibangun atau ditingkatkan dengan aspal beton.

Kabar mengembirakan akan bangunnya jalan penghasil jeruk siam Gunung Omeh (Jesigo) tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo ketika melakukan kunjungan kerja ke daerah itu didampingi sejumlah OPD dan anggota DPRD Limapuluh Kota,  Doni Ikhlas, Sabtu (3/6/2023).

“ Insya Allah, tahun 2023 ini jalan Jorong Lakuang, Nagari Koto Tinggi dan jalan Jorong Luak Begak, Nagari Talau Anau, akan segera dibangun dan ditingkatkan dengan aspal beton. Untuk pembangunan jalan telah tersedia anggaran sebesar Rp 11 Miliar bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2023 dengan estimasi pengerjaan mencapai 4,5 kilomter,” ungkap Bupati Safaruddin.

Dikatakan Bupati Safaruddin, dibangunnya sarana infrastruktur jalan di dua nagari tersebut, sudah menjadi komitmen dan prioritas bagi pemerintahan Bupati Safaruddin, karena sebagai wujud dari kebijakan pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota yang memprogramkan pembangunan dimulai dari daerah pinggiran.

“ Program membangun dimulai dari daerah pinggiran tersebut adalah sebuah gagasan yang muncul dari aspirasi masyarakat, guna mewujudkan pemerataan pembangunan menuju ekonomi kerakyatan,” ujar Bupati Safaruddin.

Lebih jauh diungkatkan Bupati Safaruddin, Pemkab Limapuluh Kota telah merancang program pembangunan infrastruktur yang menjadi program unggulan dan prioritas diantaranya adalah pembangunan sarana infrastruktur jalan, jembatan dan sarana irigasi serta pembangunan sektor pertanian dan perkebunan termasuk pembangunan bidang pendidikan.

Diakui Bupati Safaruddin, diprioritaskannya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan sarana irigasi  sangat penting bagi masyarakat karena keberadaan sarana infrastrulktur fisik tersebut tidak hanya berpungsi sebagai penghubung antar kampung dan kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Limapuluh Kota, namun juga untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat yang berada di daerah pinggiran.

“ Komitmen Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota membangun dari daerah pinggiran, tentunya bukanlah sebuah retorika.” pungkas Bupati Safaruddin.

“Perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis nagari dan sekali lagi ini merupakan prioritas daerah, sehingga kita tak ingin pekerjaannya nanti tidak maksimal,” terang Bupati Safaruddin.

Di sisi lain, tukuk Bupati Safaruddin, Kecamatan Gunung Omeh selain kawasan unggulan pertanian hortikultura, sinkronisasi program/ kegiatan infrastruktur dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, wilayah ini memberikan dampak berganda tidak saja kelancaran mobilitas orang, barang dan jasa juga akan memicu perkembangan wilayah dan kepariwisataan.

Sementara itu Kadis PUPR Kabupaten Limapuluh Kota melalui Kabid Bina Marga Fadriansyah mengungkapkan bahwa, perbaikan infrastruktur jalan Lakuak-Luak Begak lebih kurang sepanjang 4,5 Km ini menelan biaya sesarp Rp 11 Miliar anggarannya bersumber dari APBD Provinsi Sumbar.

“ Saat ini tahapan pelaksanaannya dalam proses pengadaan barang dan jasa untuk penunjukan pelaksanaan pekerjaan hampir final. Alokasi peningkatan infrastruktur jalan di Limapuluh Kota di ruas jalan ini merupakan yang terbesar di Kabupaten Limapuluh Kota pada tahun 2023. Kita bakal maksimalkan pemanfaatannya untuk meningkat kualitas infrastruktur jalan yang berdaya guna untuk masyarakat di kedua ruas jalan,” ungkap Fadriansyah. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *