Kembalikan Reno Yori, Wawako Sawahlunto H. Zohirin Sayuti Ucapkan Terima Kasih Kepada Tim Relawan Pak’Sa

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com-

Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Wakil Walikota, H.Zohirin Sayuti, menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada tim relawan Palanta Aksi Kemanusian dan Sosial ( Pak’Sa) yang telah menyelamatkan salah satu warganya yang sempat terkatung-katung di Kota Lampung karena tidak tahu jalan pulang ke kampung halamannya di Kota Sawahlunto.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim relawan Pak’Sa yang dipimpin mantan Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, mendapat amanah dari Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJ) Propinsi Lampung untuk mengantarkan atau mengembalikan seorang wanita bernama Reno Yori (33 tahun) ke rumah keluarganya di Kelurahan Kubang, Desa Pasar Kubang Lantiak Malaweh, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Menurut Ferizal Ridwan, saat tim relawan Pak’Sa hendak kembali pulang ke Kabupaten Limapuluh Kota usai mengantarkan 14 Orang Dengan Gangguan Jiawa (ODGJ) asal Kabupaten Limapuluh Kota untuk menjalani rehabilitasi di LKS Aulia Rahmah Lampung, tiba-tiba pihak RSJ Propinsi Lampung meminta bantuan kepada tim relawan Pak’Sa untuk mengantarkan seorang wanita bernama Reno Yori ke rumah keluarganya di Sawahlunto.

Menurut Ferizal Ridwan, sesuai penjelasan pihak RSJ Lampung, Reno Yori 31 Maret 2022 lalu sempat menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

“Ketika masuk RSJ Lampung indentitasnya tidak diketahui. Wanita itu masuk RSJ Lampung pada tanggal 31 Maret 2022 melalui Instalasi Gawat Darurat (IDG) diantar oleh petugas kepolisian karena keluyuran, mengamuk di jalan raya, meresahkan pengguna jalan dan tidak mengenakan pakaian,” ungkap Ferizal Ridwan menirukan penjelasan pihak RSJ Propinsi Lampung.

“Setelah menjalani perawatan saat ini kondisi pasien sudah tenang, kooperatif dan interaksi dengan lingkungan sekitar baik, bahwa psikiater selaku penanggungjawab pasien bahwa pasien sudah diperbolehkan pulang. Hingga saat ini upaya yang telah dilakukan pihak RSJ Lampung berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Lampung menyediakan tempat penampungan dan memfasilitasi pasien kembali ke keluarga dan mencari alamat pasien,” ungkap Ferizal Ridwan yang akrab disapa Buya Feri.

Menurut Buya Feri, setelah mendapatkan alamat pasien akhirnya tim rekawan Pak’Sa bersedia membantu mengantarkan Reno Yori kepada pihak keluarga di Sawah Lunto.

DISERAHKAN KEPADA KELUARGA

Ferizal Ridwan menyatakan bahwa, Senin malam (6/3/2023) tim relawan Pak’Sa berhasil menyerahkan Reno Yori kepada keluarganya.

“Penyerahan Reno Yori lengkap dihadiri pihak keluarganya berlangsung di rumah dinas Wakil Walikota Sawahlunto, H.Zohirin Sayuti, didampingi jajaran Dinas Sosial Pemko Sawahlunto, Camat, Kades dan Kadus,” ungkap Ferizal Ridwan.

Wakil Walikota Sawahlunto, H.Zohirin Sayuti menyampaikan terima kasih kepada tim relawan Pak’Sa yang telah berkenan mengantarkan warganya untuk berkumpul kembali dengan keluarga besarnya.

“ Saya sunguh-sunguh kagum dengan Pak’Sa ini. Ini pekerjaan luar biasa, karena tidak terpikirkan oleh orang ternyata terpikir bagi mantan Wabup Kabupaten Limapuluh Kota Bapak Ferizal Ridwan. Pokoknya, kegiatan memanusiakan manusia ini sungguh-sungguh luar biasa, karena sangat-sangat besar manfaatkan bagi masyarakat dan sebenarnya tim relawan Pak’Sa sudah menjalankan amanah Undang-undang Dasar. Dimana orang-orang yang tidak terpelihara ini, seharusnya ini tanggungjawab negara, sekarang mereka (Pak’Sa) telah mengambil tanggungjawab itu. Pak’Sa ini benar-benar luar biasa,” ungkap H.Zohiri Sayuti.

H.Zohiri Sayuti juga menyatakan kekagumannya kepada tim relawan Pak’Sa, karena ternyata tidak hanya orang gila saja yang telah diurus, namun orang miskin dan terlantar juga di urus oleh tim relawan Pak’Sa.

“Seperti anggota tim relawan Pak’Sa Bapak Oyong ini, sudah berapa banyak keluarga miskin yang beliau bantu biaya pendidikannya, dan sudah banyak anak asuhnya yang menamatkan pendidikan sampai sarjana dan bahkan sudah ada yang menjadi dokter. Apa yang dilakukan anggota tim relawan Pak’Sa seperti Bapak Oyong ini sangatlah mulia, karena telah ikut meningkatkan sumberdaya manusia dan menyelamatkan generasi dari kemiskinan,” ulas H. Zohirin Sayuti.

Diakhir sambutannya H.Zohirin Sayuti, atas nama Pemerintah Kota Sawahlunto mengucapkan terima kasih kepada tim relawan Pak’Sa yang telah mengantarkan dan kembalinya Reno Yori ke kampung halamannya untuk bersatu kembali bersama keluarganya.

“ Semoga kegiatan kemanusian untuk memanusiakan manusia ini mendapat imbalan setimpak dari Allah SWT,” pungkas H. Zohirin Sayuti. (Ryo Briges)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *