Jelang Pemilu Serentak 2024, Polres Payakumbuh Intensifkan Latihan Dalmas

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 mendatang, Kepolisian Resort (Polres) Payakumbuh mulai menyiapkan sejumlah personel yang nantinya bakal diterjunkan di lapangan. Tak lain, hal ini guna mendukung aspek pengamanan jalannya pesta demokrasi tersebut.

Adapun mengenai persiapan yang dilakukan aparat kepolisian sendiri sejumlah personel secara rutin melaksanakan pelatihan pengendalian masyarakat (dalmas). Seperti halnya yang dilaksanakan personel Samapta Polres Payakumbuh yang berlangsung di halaman Mapolres Payakumbuh, Rabu (12/7/2023).

Pelaksanaan latihan dalmas dipimpin langsung oleh Kasat Samapta AKP Imam Teguh, S.H dan di awasi langsung oleh Kapolres AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K, Kabag Ops Kompol Julianson dan Kabag SDM Kompol Eko Sulistyo.

Dalam arahanya sebelum pelaksanaan latihan, Kapolres AKBP Yuni tekankan kepada seluruh personel yang mengikuti latihan, latihan Dalmas semestinya dilakukan secara rutin, dimana selain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel, serta kesiapsiagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, latihan Dalmas juga dilaksanakan dalam menyikapi kesigapan personel dalam menghadapi pesta demokrasi atau pemilu serentak 2024 mendatang.

” Tingkatkan latihan secara rutin, dimana hal ini untuk mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, juga melatih kesigapan kita personel Polri Polres Payakumbuh dalam menyambut pemilu serentak 2024 mendatang,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil, artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

” Kepada para peserta latihan, ikuti kegiatan dengan semangat, pahami dan aplikasikan segala materi yang di berikan pelatih dalam pelaksanaan tugas kepolisian nantinya ” beber Kapolres.

Polres Payakumbuh menghadirkan 120 orang personel dalam pelaksanaan latihan kali ini, yang terdiri dari 3 pleton yang terbagi dalam 1 pleton inti dan 2 pleton kompi kerangka, serta 1 pleton tim negosiator yang terdiri dari personel gabungan Polwan Polres Payakumbuh. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *