Jaringan Pemred Sumbar Bahas Netralitas Jurnalis Dalam Pemilu 2024, Irfendi Arbi: Jaga Demokrasi dan Kebebasan Pers

PADANG, NuansaPolitik.com-

Sebagai tokoh yang sangat dekat dengan wartawan, apapun bentuk kegiatan yang digelar para insan pers di Sumatera Barat itu, Ir. H. Irfendi Arbi, MP, tak pernah lupa untuk diundang.

Buktinya, pada Hari Ulang tahun (HUT) ke 3 Jaringan Pemimpin Redaksi Sumatera Barat (JPS) yang digelar di Kupi Batigo  Padang, Jum’at (13/1/2023), Bupati LimapuluhKota periode 2016-2021 itu, diundang untuk hadir menyemarakan acara tersebut.

Bersama tokoh lainnya yakni Gubernur Sumbar Mahyeldi, Leonardy Harmainy dan HM Nurnas, putra terbaik Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota-Kota Payakumbuh,red) itu, diajak berdisikusi membahas ‘Netralitas Jurnalis Dalam Pemilu 2024’.

Menurut Irfendi Arbi, netralitas jurnalis pada Pemilu 2024 adalah penting. Bahkan, lebih penting lagi bagaimana insan pers itu mampu menjaga demokrasi dan kebebasan pers.

“ Langkah yang dilakukan para pemimpin redaksi Sumatera Barat menggelar diskusi dengan tema ‘Netralitas Jurnalis Dalam Pemilu 2024’ sangat pas ungkap bakal calon anggota DPD RI 2024 ini.

Betapa tidak, 2024 rakyat Indonesia akan mengelar pesta demokrasi Pemilihan anggota DPR RI dan DPD RI, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota serta DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Pesta demokrasi tersebut adalah momentum bagi pers nasional, utamanya pers Sumatera Barat untuk berperan menyukseskan pesta demokrasi tersebut ” ujar mantan Pimpinan Umum Tabloid Pertanian ini.

Menurut Irfendi Arbi sebagai pilar ke empat, pers punya peran penting untuk mensukseskan pesta demokrasi. Sebagai corong demokrasi, peranan pers tentu sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi secara aktual, netral dan berintegritas juga sebagai jembatan penyambung informasi masyarakat ke pemerintah ataupun sebaliknya,” ujar bakal calon anggota DPD RI 2024 itu.

Mantan anggota DPRD Kot a Padang mengajak rekan-rekan wartawan untuk terjun ke politik dan maju sebagai Caleg pada Pemilu 2024.

“Sebab, melalui legislatif bisa memberikan kontribusi positif bagi organisasi wartawan itu sendiri,” ujar Dewan Penasihat Pengurus dan Anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) Sumatera Barat ini.

Mantan Ketua KNPI Padang periode 1991–1994 dan peraih KNPI Awards Sumbar (2006), Tokoh Aspiratif Sumatera Barat (2007) dan peraih Leader Awards Sumatra Barat (2008) serta penerima atyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI (2018) ini menyampaikan ucapan  ‘Selamat HUT JPR ke 3 Tahun.

“ Teruslah berkomitmen menjaga demokrasi dan kebebasan pers yang netral, akurat dan mencerdaskan masyarakat,” pungkas Irfendi Arbi (ryo briges)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *