Iluni SMP Negeri 1 Payakumbuh Bakal Gelar Reuni Akbar  

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –  

Ikatan Alumni (Iluni) SMP Negeri 1 Payakumbuh bakal menggelar reuni akbar dengan tagline ‘Putiah Dongker Maimbau Pulang’ pada 25 April 2023 mendatang. Diperkirakan seribu orang alumni tamatan 1968 sampai 2012 yang tersebar di seluruh pelosok negeri di tanah air, bakal hadir dalam pertemuan reuni akbar yang belum pernah dilakukan sejak SMP Negeri 1 Payakumbuh itu berdiri 1946 lalu.

“Agenda ini sudah lama kita rencanakan dalam rangka pengukuhan Pengurus ILUNI periode 2022-2026. Mudah-mudahan kegiatan ini terlaksana seperti apa yang kita harapkan bersama,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Nedi Rinaldi didampingi Sekretaris Nofyan Yunaz dan Bendahara Eki Anas saat melaksanakan jumpa pers, Minggu (29/1/2023) di aula SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Jumpa pers tersebut juga dihadiri oleh para panitia lainnya, seperti Koordinator Seksi Acara Herman R, Koordinator Seksi Perlengkapan Riswandi, Koordinator, Koordinator Seksi Konsumsi Sastrawati, Koordinator Seksi Keamanan Yuneldi Chainir, Koordinator Seksi Dana Yudha Nova, Koordinator Seksi Humas dan Dokumentasi Hengki Ariadi, Humas ILUNI Taufik BAC serta puluhan Alumni SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Nedi Rinaldi mengatakan, bahwa sejak awal berdiri pada tahun 1946 belum pernah Alumni SMP 1 Payakumbuh menyelenggarakan reuni.

Untuk itu katanya, pengurus dan anggota ILUNI SMP Negeri 1 Payakumbuh sepakat menghelat renuni akbar dengan tagline Putiah Dongker SMP 1 Maimbau Pulang 2023 dan tema acara ‘Manjapuik Nan Tatingga, Mangumpuan Nan Taserak’.

“Kenapa tagline yang diambil ‘Putiah Dongker Maimbau Pulang’ ?, karena dahulunya SMP kebanggaan kita ini murid-muridnya sebelum memakai seragam putih dongker memakai warna seragam lain seperti putih hitam dan putih-putih. Jadi artinya kami yang junior-junior ini memanggil para senior kami untuk datang bersilahturahmi menghadiri acara ini,” paparnya.

Ia juga menyebut, bahwa kegiatan itu nantinya bakal digelar dalam suasana lebaran 2023. Dan pengambilan nama reuni akbar juga sudah melalui diskusi yang panjang bersama anggota lainnya.

“Acara kita ini kan masih dalam suasana lebaran Idul Fitri, nah kenapa kami memilih Reuni Akbar bukan halal bi halal ? Jawabannya, karena halal bi halal itu hanya mewakili mayoritas atau penganut Agama Islam saja. Sedangkan kita alumni SMP Negeri 1 Payakumbuh ini ada yang menganut agama lain,” ungkapnya.

Dijelaskan, seluruh angkatan alumni mulai dari angkatan 1968 sampai 2012 akan ikut memeriahkan dan menyemarakkan Reuni Akbar pertama tersebut. Dan pihaknya menargetkan acara itu dihadiri sebanyak seribu orang alumni dari berbagai angkatan.

“Selain bersilaturahmi, berkumpul dan bernostalgia, ada dua rangkaian kegiatan dalam memeriahkan acara reuni akbar kita nanti. Pertama kegiatan bhakti sosial dan yang kedua acara kesenian,” tuturnya.

“Untuk memeriahkan acara reuni kita nanti, akan ada penampilan kesenian dari setiap angkatan. Namun, karena akan hadir sekitar 40 angkatan, maka angakatan mana yang akan tampil akan kita tentukan melalui sistem lotting,” tambahnya.

Ia berharap dengan digelarnya kegiatan Reuni Akbar, para alumni SMP Negeri 1 Payakumbuh semakin solid dan dapat membantu berbagai permasalahan pendidikan terutama di SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Dipenghujung kegiatan jumpa pers, panitia pelaksana reuni akbar mengharapkan seluruh alumni SMP Negeri 1 Payakumbubuh yang berada di seluruh pelosok negeri untuk dapat berpartisipasi mensukseskan kegiatan reuni akbar ini.

“Kegiatan sosial alumni untuk tahap awal akan diarahkan ke dalam atau untuk kepentingan sekolah seperti bantuan beasiswa anak berprestasi, siswa kurang mampu dan termasuk pembangunan sarana dan prasarana sekolah sekolah,” ucap Nedi Rinaldi.

Untuk mensukseskan pelaksanaan acara, usai jumpa pers para alumni bakal menggelar Zoom Meeting dengan seluruh alumni yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia. (dod)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *