Hari ini, Bimtek Digitalisasi Pembelajaran Bagi Guru SMA sekota Payakumbuh Angkatan III dan IV Tahap Akhir

Bukittinggi, nuansapolitik.com

Setelah sukses dikegiatan sebelumnya, dijadwalkan Jumat (28/7) sore ini, dilaksanakan Bimtek Digitalisasi Pembelajaran Bagi Guru SMA sekota Payakumbuh, angkatan III dan IV untuk tahap IV.

Bimtek akan diikuti 200 peserta. Direncanakan dibuka Ketua DPRD Sumbar Supardi bersama Kadis Pendidika Sumbar Bartius.

Bimtek kali ini merupakan tahap keempat, atau tahap akhir, dari rangkaian Bimtek Digitalisasi Pembelajaran. Dilaksanakan sejak tahun 2022, atas inisiatif dari Ketua DPRD Supardi yang dituangkan dalam Pokir Dewan.

Total peserta ada 200 orang, dibagi dalam empat angkatan. Angkatan I dan II sudah menyelesaikan empat tahap Bimtek, Kamis 24 Juli 2023. Tahap III dan IV, menjalani proses Bimtek pada Jumat 28 Juli hingga Senin 31 Juli 2023.

Terhadap pilihan materi tersebut, Supardi sang inisiator menyebutkan, saatnya sekarang mempersiapkan guru agar selalu mengikuti perkembangan ilmu teknologi dan karakter siswa. Tak ada pilihan.

“Semua harus dipersiapkan, sebelum benar-benar terlambat,” katanya.

Ia menyebutkan, harus diakui, saat ini siswa yang merupakan generasi milenial memiliki kecerdasan dalam menggunakan teknologi. Guru harus bisa mengimbangi. Akan lebih baik selangkah di depan mereka.

Tuntutan ini perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk menyikapi.
“Jika tidak, maka guru akan kesulitan dalam memberikan materi di kelas,” katanya.

Materi yang diberikan, tentu harus didukung pula dengan teknik penyampaian yang efektif dan tepat sasaran. Peserta didik saat ini sangat kritis. Kondisi itu harus disikapi guru.

Di sisi lain, guru harus mengimbangi pula dengan kemampuan memahami karakter peserta didik. Jangan terfokus pada materi ajar saja, tetapi memahami karakter siswa juga tak kalah pentingnya.

Supardi yang akrab disapa Supardi Guru tersebut, juga seorang pendidik. Beliau pernah menjadi guru sehingga merasakan bahwa memahami karakter siswa sangatlah penting.

“Jika guru memahami karakter siswa, insya allah tidak akan terjadi kekerasan dan perangai buruk di sekolah. Tidak akan ada persoalan guru dan siswa,” katanya.

Realisasi dari Bimtek yang akan dilaksanakan di Hotel Rocky Bukittinggi, memberikan bekal yang sangat berarti kepada peserta.

Agus Hilaluddin, salah seorang instruktur pada Bimtek tersebut menyebutkan, pihaknya sudah mempersiapkan materi sedemikian rupa. Materinya disesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan guru untuk hari ini dan masa depan.

Materi yang diberikan berupa Praktek Tools Digital Pembelajaran Per Bidang Studi, Psikologi Pelajar Era Digital, Pengantar Pembuatan E-Modul Pembelajaran Interaktif, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengelolaan Pembelajaran Sosial, Menjadi Guru Kreatif, Inovatif dan Inspiratif, Pengayaan Metode Pembelajaran Berbasis Student Center Learning Dan Gaming, Pengantar Asesmen Pembelajaran Sosial, Pengantar Asesmen Pembelajaran Sosial Sesi Presentasi, Kesimpulan dan Review Materi Keseluruhan. (Rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *