Diklatsarmil Resimen Yudha Putra Pemuda Panca Marga Kota Payakumbuh Berakhir

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com-

Pendidikan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) yang diikuti 47 orang Resimen Yudha Putra Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Payakumbuh yang dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai 14 Desember di markas Yonif 131 Braja Sakti, Rabu sore (14/12/2022) berakhir.

Penutupan Diklatsarmil yang berlangsung dalam upacara resmi militer di Lapangan Yonif 131 Braja Sakti Kelurahan Tiakar, Balai nan Tuo, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, bertindak sebagai komandan upacara Ketua Pimpinan Daerah PPM Provinsi Sumatera Barat, Wahyu Iramana Putra.

Dalam arahannya Wahyu Iramana Putra menekankan bahwa, kegiatan Diklatsarmil yang ikuti Resimen Yudha Putra PPM, bukan hanya sekadar belajar baris berbaris namun juga untuk belajar dan mengenal tentang kepemimpinan dan mengenal tentang sejarah perjuangan, terutama tentang sejarah kelahiran Pemuda Panca Marga.

“PPM itu lahir dari rahim Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Artinya, bukan organisasi tempat berkumpulnya orang perorang menjadi sebuah organisasi. Ayah PPM itu adalah LVRI, maka saya minta anak-anak LVRI jangan merusak nama orang tuanya yang telah memberikan kemerdekaan untuk bangsa ini. Dan jangan menjadi organisasi penjual propsal. Jadi, anggota PPM yang telah mengikuti Diklatsarmil ini dapat dijadikan sebagai bekal untuk pengabdian diri kepada masyarakat dan negara,” ungkap Wahyu Iramana Putra.

Dikatakan Wahyu Iramana Putra, kegiatan Diklatsarmil ini sangat penting bagi anak-anak PPM, selain bertujuan untuk disiplin diri namun juga dapat menjadi komponen cadangan militer TNI. Dan yang terpenting, PPM ini harus mampu menjaga nilai martabat perjuangan orang tua. Jangan dirusak dan bantu pemerintah untuk sebuah kegiatan.

“Kepada Forkopimda saya harapkan agar melibatkan anggota PPM untuk sebuah kegiatan,” ujar Wahyu Iramana Putra.

Wahyu Iramana Putra juga mengatakan, Diklatsarmil terhadap anggota Resimen Yudha Putra Pemuda Panca Marga ini, akan ada gelombang ke dua yang nantinya akan ikuti oleh anggota Resimen Yudha Putra Pemuda Panca Marga (PPM) dari daerah lain  di Propinsi Sumatera Barat.

“Namun pusat pelatihannya tetap akan dilaksanakan di Payakumbuh di markas Yonif 131 Braja Sakti. Kenapa harus di Payakumbuh, karena Payakumbuh ini adalah daerah perjuangan yang kita kelanl dengan  PDRI,” sebut Wahyu Iramana Putra

Sementara itu Ketua LVRI Sumbar Bpk. Kolonel (Purn) Amir Sarifudin mengatakan bahwa, kegiatan Diklatsarmil bagi Resimen Yudha Putra Pemuda Panca Marga adalah untuk membentuk kesiplinan dan memupuk rasa persatuan bagi anak-anak PPM.

“ Kepada anak-anak PPM yang sudah mengikuti Diklatsarmil, saya minta untuk menghayati dan menjiwai apa yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan,” pungkas Kolonel (Purn) Amir Sarifudin. (dod)

)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *