Diduga Pungli, 5 Orang Oknum Masyarakat Diamankan Jajaran Kodim 0306-50 Kota

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik,com-

Meskipun jajaran Polres 50 Kota pada hari Jum’at 21 April 2023 telah melakukan razia terhadap adanya praktik pungutan liar (pungli) di gerbang tiket masuk objek wisata Lembah Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Namun sepertinya tindakan pencegahan yang dilakukan jajaran Polres 50 Kota tersebut tidak membuat oknum masyarakat jera untuk terus melakukan aksi yang telah meresahkan masyarakat dan para wisatawan yang datang berkunjung objek wisata Lembah Harau.

Buktinya, Minggu malam 23 April 2023 sekira pukul 12.00 WIB, jajaran Kodim 0306-50 Kota menerima laporan dan keluhan dari masyarakat dan wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata Lembah Harau itu, telah terjadinya praktik pungutan liar di gerbang tiket masuk objek wisata Lembah Harau.

Mendapat laporan dari masyarakat dan para wisatawan yang mulai resah telah terjadi aksi pungli tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0306-50 Kota, Letkol Inf. Moch Denny Nurcahyono melalui Danunit Intel Letda Inf Ifnusril memerintahkan untuk melakukan razia ke gerbang tiket masuk Lembah Harau tersebut.

“ Ya, Benar. Atas atensi Bapak Dandim 0306-50 Kota Letkol Inf. Moch Denny Nurcahyono, terkait adanya laporan masyarakat dan para wisatawan yang merasa resah terjadinya praktik pungutan liar di gerbang tiket masuk Lembah Harau, maka diperintahkan anggota unit Intel Kodim dan piket Kodim serta anggota Koramil 05 Harau untuk melakukan razia pada Minggu malam 23 April 2023 sekira pukul 12.00 WIB di gerbang tiket masuk Lembah Harau, ”ungkap Danunit Intel Letda Inf Ifnusril.

Menurut Danunit Intel Letda Inf Ifnusril, razia yang dipimpin Serka Parjana pada malam itu, ditemukan 5 orang oknum masyarakat yang sedang berjaga-jaga di gerbang tiket masuk objek wisata Lembah Harau tersebut.

Sebagai tindakan persuasif adanya keresahan masyarakat dan para wisatawan telah terjadinya praktik pungli tersebut, akhirnya ke 5 oknum masyarakat itu diamankan tim jajaran Kodim 0306-50 Kota.

“ Dalam razia tengah malam itu, kita temukan 5 orang oknum masyarakat yang berjaga-jaga di gerbang tiket masuk. Saat diamankan, ke 5 oknum masyarakat itu berdalih mereka tidak melakukan pungutan liar, namun hanya menawarkan jasa homestay kepada pengunjung yang ingin menginap di Lembah Harau,” ujar Danunit Intel Letda Inf Ifnusril.

Diungkapkan Danunit Intel Letda Inf Ifnusril, pengakuan ke 5 oknum masyarakat itu hanya menawarkan jasa homestay hanya modos, karena sudah ada laporan dari masyarakat dan para wisawatan yang resah telah terjadinya praktik pungli di gerbang tiket masuk Lembah Harau.

“ Setelah diberikan pemahanan bahwa tindakan pungli yang mereka lakukan adalah melangkar hukum, akhirnya ke 5 oknum masyarakat tersebut diberi sanksi hukuman fisik yakni jalan jongkok dan push-up. Setelah itu mereka berjanji tidak akan melakukan perbuatan tersebut lagi. Namun jika terbukti masih melakukan tindakan pungli, kita akan berkoordinasi dengan jajaran Polres 50 Kota untuk menindak dan memproses secara hukum oknum masyarakat yang masih berani dan nekad melakukan pungutan liar di gerbang tiket masuk Lemah Harau tersebut,” ulas Danunit Intel Letda Inf Ifnusril.

Diakhir wawancara Danunit Intel Letda Inf Ifnusril mengungkapkan bahwa, razia yang dilakukan jajaran Kodim 0306-50 Kota adalah untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata Lembah Harau.

“ Untuk mencegah terjadinya praktik pungutan liar di gerbang tiket masuk objek wisata Lembah Harau, atas perintah Komandan Kodim 0306-50 Kota Letkol Inf. Moch Denny Nurcahyono, maka jajaran Kodim akan terus melakukan patroli dan razia untuk di gerbang tiket masuk Lembah Harau, demi menjaga nama baik daerah atas terjadinya praktk pungli yang telah meresahkan tersebut,” pungkas Danunit Intel Letda Inf Ifnusril. (Ryo briges)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *