Daftar ke Partai NasDem, Hendra Yani Dt Rajo Imbang Dapat Dukungan Ninik Mamak Koto Nan Ompek

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh dua periode, Hendra Yani, S.Sos. Dt. Rajo Imbang, resmi mendaftar sebagai bakal calon (balon) anggota DPRD Kota Payakumbuh pada Pemilu 2024 di Partai NasDem.

Tak tanggung-tanggung, saat mendaftar ke Sekretariat  partai politik dengan slogan ‘Politik Tanpa Mahar’ itu, Sabtu (11/2/2023), Hendra Yani Dt. Rajo Imbang, diantar sejumlah Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan pemuda Nagari Koto Nan Ompek.

Pendaftaran sebagai bacaleg diterima langsung, Maidison, selaku Badan Pemenang Pemilu DPD Partai NasDem Kota Payakumbuh didampingi Hendri, Bendahara Gerakan Pemuda NasDem Kota Payakumbuh.

Menurut Hednra Yani. Dt. Rajo Imbang, tekad untuk mendaftar menjadi bacaleg melalui Partai NasDem, tidak terlepas dari desakan dan dukungan para Ninik Mamak dan Bundo  Kanduang serta pemuda Nagari Koto Nan Ompek.

“Tanpa dukungan dan support dari beliau-beliau, saya tidak mau untuk maju sebagai nakal calon anggota DPRD Kota Payakumbuh,” ungkap Hendra Yani, Dt. Rajo Imbang ketika diwawancarai sejumlah awak media usai menyerahkan formulir pendaftaran.

Diungkapkan Hendra Yani Dt. Rajo Imbang, walaupun dia belum pernah maju menjadi caleg, tapi dengan pengalaman di KPU Kota Payakumbuh selama 10 tahun, putra terbaik Koto Nan Ompek itu optimis akan bisa mewujudkan keinginan warga Koto Nan Ompek untuk bisa duduk menjadi anggota dewan dari Partai Nasdem Dapil Payakumbuh 1 nantinya.

“ Jika nanti diberi amanah mennjadi anggota DPRD Kota Payakumbuh, Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga amanah yang diberikan dan akan memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pemilihan,” ujar Hendra Yani Dt. Rajo Imbang.

Sementara itu seorang Ninik Mamak Koto Nan Ompek, B. Dt. Rajo Bosa kepada wartawan mengatakan, kami percaya dengan ketokohan dan ilmu yang dimiliki Hendra Yani Dt. Rajo Imbang akan bisa mewujudkan cita-cita warga Koto Nan Ompek untuk memajukan pembangunan diberbagai bidang. Baik dalam pembangun fisik dan mental, serta dengan telah dikukuhkannya beluau untuk menjadi Datuak, tentu juga akan bisa kembali menempatkan peran niniak mamak  dalam mendukung proses pembangunan Kota Payakumbuh.

Semuanya perlu dibicarakan dengan Niniak Mamak dalam nagari, pai tampek batanyo pulang tampek babarito,” tambah Dt. Rajo Bosa yang didampingi F. Dt Simarajo Lelo, TT. Dt Rajo Mantiko Alam dan SY Dt Joimbang.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Payakumbuh Achmad Ridha, SH, kepada wartawan mengatakan, sejak akhir November 2022 lalu program ‘NasDem Memanggil’ yang merupakan program Nasional dari DPP Partai Nasdem.

“Sejak dibuka pencalonan anggota DPRD, sampai hari ini sudah 75 orang yang mengambil formulir pendaftaran bacaleg di Partai NasDem, atau sekitar 300 persen ketersedian caleg Kota Payakumbuh yang jumlahnya 25 orang. Namun sampai saat ini, sudah 200 persen yang mengembalikan formulir pendaftaran bacaleg atau sekitar 50 orang yang terdiri dari berbagai latar,” ungkap Achmad Ridha.

Dikatakan Achmad Ridho yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh itu, untuk Pemilu legislatif tahun 2024 nanti, DPD Partai NasDem Kota Payakumbuh menargetkan 5 kursi, masing-masing 2 kursi untuk Dapil 1 Kecamatan Payakumbuh Barat, 2 kursi untuk Dapil 2, Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina serta 1 kursi untuk Dapil 3 yakni Kecamatan Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan. (dod)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *