Bupati Safaruddin Minta Agenda Prioritas Daerah Jadi Landasan Penyusunan RKPD 2024

Limapuluh Kota, Nuansapolitik.com

Agenda-agenda prioritas yang telah dirumuskan dalam RPJMD tahun 2021-2026, masih sangat relevan untuk dijadikan landasan penyusunan program dan kegiatan pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2024 dimana Pemerintah Daerah harus fokus pada peningkatan indeks pembangunan manusia, intervensi penurunan angka stunting, penghapusan kemiskinan ekstrim, mewujudkan 100 persen rumah layak huni dan persoalan-persoalan akar rumput yang terjadi di masyarakat Limapuluh Kota. Demikian pokok pikiran Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Camat Akabiluru Nuzul Firman saat memberikan sambutan pada acara Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Akabiluru, Kamis (09/02/2023). Musrenbang di Kecamatan Akabiluru sekaligus menjadi Musrenbang tingkat kecamatan ke 13 atau terakhir yang dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota. Turut hadir dalam Musrenbang, Anggota DPRD Limapuluh Kota Arsimedes, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Limapuluh Kota, Forkopimca, dan seluruh wali nagari di Kecamatan Akabiluru.

“Pelaksanaan Pembangunan Daerah yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021-2026 merupakan upaya sistematik dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh daerah dan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui upaya peningkatan kesempatan kerja, membuka lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah,” ujar Bupati pada bagian lain sambutannya. Bupati mengatakan, berdasarkan evaluasi pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) Kepala Daerah dan Indikator Kinerja Daerah (IKD) sampai tahun 2022, ada beberapa indikator yang belum tercapai dan menjadi perhatian serius untuk kita capai tahun 2023 maupun tahun 2024 yang akan datang, diantaranya persentase gedung strategis yang saat ini masih di angka 71,74 persen, kondisi jalan kabupaten baru mencapai 53,96, sedangkan akses air bersih sudah mencapai 81,70 persen dan sektor strategis lainnya. “Oleh karena itu kami meminta seluruh elemen bersama-sama bekerjasama dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan di daerah agar kita terarah, terpadu, dan tepat,” utas Bupati Safaruddin.

Sementara itu Ketua DPRD Deni Asra mengatakan, keinginan kuat dalam membangun Kecamatan Akabiluru telah ditunjukkan masyarakat dengan kehadiran seluruh elemen pada Musrenbang kali ini. Kemudian Deni Asra megatakan, kehadiran wali nagari bersama masyarakat diharapkan dapat menampung persoalan di akar rumput dengan kehadiran tiga komponen dasar penyusun RKPD 2024 yang lengkap hadir yaitunya Rencana Kerja, OPD dan Pokir DPRD. Deni berharap kedepan Pokir DPRD benar-benar bisa disinkronkan dengan semua kebutuhan masyarakat yang ditampung melalui Musrenbang tingkat kecamatan.

Sebelumnya, Camat Akabiluru, Nuzul Firman mengatakan, ada 210 usulan yang disampaikan pada Musrenbang RKPD 2024 dengan lima prioritas hingga 2024, diantaranya pemeliharaan jalan, pengerjaan ronjong aliran sungai Batang Lamposi, rehabilitasi Puskesmas, penerangan jalan, dan desentralisasi Pakan Jumat. Nuzul Firman berharap, daftar usulan yang disampaikan oleh masing-masing nagari dapat ditindaklanjuti hingga di tingkat Kabupaten dan Provinsi. (Rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *