Bupati Limapuluh Kota Luncurkan Bimtek Digital Dasawisma

Limapuluh Kota, Nuansapolitik.com

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo, resmi membuka Bimtek Pendataan Dasawisma yang bersifat digital. Acara ini dihadiri oleh puluhan pengurus dasawisma dari tingkat jorong hingga kecamatan di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota pada Kamis 21 September 2023.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut digelar di aula rumah dinas bupati, Labuah Basilang. Tampak hadir pula beberapa kepala OPD, Ketua TP PKK Limapuluh Kota, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin memberikan pujian kepada seluruh pengurus dasawisma yang telah berperan aktif dalam menerapkan 10 tugas pokok PKK di tengah masyarakat Limapuluh Kota.

“Dasawisma adalah bentuk kerjasama pemerintah dengan masyarakat. Saya merasa bangga melihat keaktifan dasawisma di Limapuluh Kota,” kata beliau.

Bupati menambahkan bahwa program PKK selalu sejalan dengan visi-misi daerah. Tujuan utamanya adalah membangun masyarakat yang mandiri, memiliki kesadaran hukum dan lingkungan, serta memperhatikan kesetaraan gender.

Peserta diharapkan dapat mengaplikasikan Bimtek digitalisasi ini di setiap jorong di wilayah mereka. Selain itu, Bupati berharap pengurus PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten dapat memonitor dan mengevaluasi pendataan tersebut.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin, menyampaikan bahwa aplikasi Data Dasawisma dibuat guna mempermudah penginputan data warga. Ini akan memudahkan pembaruan data mengenai 10 Program Pokok PKK.

“Kami berharap dengan adanya aplikasi ini, data keluarga menjadi lebih lengkap dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran sekolah dan lainnya,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya kerja sama dalam mendapatkan data yang akurat. Para kader dari TP PKK di semua tingkatan harus memahami penggunaan Aplikasi Data Dasawisma dengan baik.

Nevi menutup sambutannya dengan harapan agar dasawisma dapat lebih aktif di lapangan, sehingga 10 program pokok PKK dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi digital. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *