Bupati Gelar Panen Raya Demplot Phosgreen dan Za Plus Komoditi Padi Nagari Sarilamak

Lima Puluh Kota, Nuansapolitik.com

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Direktur Utama PT.Petrokimia Gresik Dwi Satrio Annurogodi menggelar panen raya demplot Phosgreen dan Za Plus komoditi padi di Nagari Sarilamak pada Kamis, (23/02/2023). Panen raya yang dirangkaikan dengan pemberian bantuan mesin panen padi oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan bantuan pupuk dari Petrokimia Gresik.

Panen yang dilakukan bersama kelompok tani di Nagari Sarilamak juga dihadiri oleh Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal, Direktur Operasional dan Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih, Perwakilan Dinas Pertanian Sumbar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eki Hari Purnama, Kadis Tanhorbun Witra Porsepwandi, unsur Forkopimda dan Walinagari Sarilamak, Olly Wijaya, serta petani dan masyarakat Nagari Sarilamak.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas upaya dan kolaborasi yang tercipta antara PT Petrokimia Gresik dan Pemkab Limapuluh Kota sehingga panen raya ini dapat terselenggarakan. Menurutnya, pemerintah Limapuluh Kota melalui dinas terkait terus berupaya mendukung petani dalam meningkatkan hasil panen, salah satunya berkolaborasi dengan PT Petrokimia Gresik dengan menghadirkan pupuk berkualitas.

Bupati menjelaskan, 46,48% dari 385.634 penduduk di Limapuluh Kota bergerak di sektor pertanian dengan sejumlah komoditi unggulan diantaranya padi, jagung, gambir, jeruk, kakao, dan kopi. “Terkhusus lahan sawah, Limapuluh kota memiliki luas lahan sawah sebesar 19.122, 27 Ha dengan produksi baru mencapai angka 5,5 ton setiap musim panen,” urai Bupati Safaruddin. Kemudian diakui Bupati, sejauh ini produksi padi di Limapuluh Kota belum sesuai dengan yang diharapkan, salah satu faktornya adalah keterbatasan pupuk bersubsidi. Untuk itu Bupati Safaruddin berharap bantuan Petrokimia Gresik melalui produk pupuk Petro ZA plus dan Phosgreen diharapkan mampu meningkatkan produktivitas lahan. “Kehadiran PT.Petrokimia Gresik diharapkan dapat mendongkrak kesejahteraan petani di Limapuluh Kota melalui penyediaan pupuk dengan harga yang terjangkau dan berharap kedepannya dapat bermitra dalam pendistribusian pupuk bersama pemerintah nagari serta adanya program CSR (Corporate Sosial Responsibility) dari Petrokimia di Limapuluh Kota,” harap Bupati.

Sementara itu, direktur utama PT Petrokimia Gresik, Dwi Satrio Anugroggo dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen membantu petani dengan menghadirkan pupuk berkualitas dengan harga murah. “Kehadiran kami disini bukan hanya sekedar melakukan panen raya, tapi juga mengucapkan terimakasih kepada petani, karena petani merupakan pejuang ketahanan pangan nasional,” katanya. Ia menyinggung hasil panen 5 Ton per hektar yang dihasilkan petani di Limapuluh Kota. Menurutnya, ini menjadi tantangan dan semangat bagi PT Gresik untuk meningkatan produktifitas hasil panen. “Nantinya, akan terbuka kerjasama dengan Pemkab Limapuluh Kota. Target kami melalui pupuk dari PT Gresik, nantinya hasil panen padi bisa mencapai 7 sampai 8 ton per hektar. Nantinya akan terbuka kerjasama dengan pemkab Limapuluh Kota,” katanya.

Perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia itu juga memperkenalkan tiga produk pupuknya, diantaranya ZA Plus, Phosgreen, dan Phonska Plus. “Produk ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap tanaman, dan meningkatkan hasil panen bagi petani” katanya. (Rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *