Bawaslu Ajak Masyarakat Berperan Lakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024

PAYAKUMBUH,NuansaPolitik.com –

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Suci Wildanis mengajak masyarakat berperan untuk ikut melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

Saat ini, ungkap Suci, pihaknya tengah melakukan pengawasan terhadap proses verifikasi faktual perbaikan yang dilakukan oleh KPU hingga ke tingkat Panwascam di 5 Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

Hal itu diungkapkan Susi Wildanis dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024  yang diikuti oleh organisasi masyarakat seperti BEM, KNPI, Karang Taruna, LKAAM dan Panwascam yang berlangsung di aula hotel Mangoto di kawasan Nan Kodok, Kecamatan Payakumbuh Utara. Kamis (1/12/2022).

Diungkapkan Suci, saat ini Bawaslu dan Panwascam di 5 Kecamatan tengah melakukan proses pengawasan terhadap verifikasi faktual perbaikan yang dilakukan oleh KPU hingga ke rumah masyarakat.

“Kita dorong terus peranan masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan,” ucapnya.

Suci juga menambahkan, selain mengajak peranan atau Partisipatif masyarakat untuk melakukan pengawasan, pihaknya juga terus memberikan informasi, pengetahuan dan sosialisasi terkait peraturan pengawasan kepada masyarakat, sehingga mereka juga tahu dan paham aturan pengawasan.

” Bawaslu tidak saja mengajak partisipatif masyarakat untuk melakukan pengawasan, namun kita juga berikan informasi, pengetahuan dan sosialisasi terkait peraturan Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024.” tutupnya.

Sementara itu dua nara sumber masing-masing Vifner (mantan anggota Bawaslu Provinsi Sumbar) dan Heru yang merupakan akademisi dalam materinya menyampaikan bahwa, pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 tidak bisa dilakukan secara personal oleh Bawaslu karena keterbatasan mereka.

Untuk itu peran masyarakat, khususnya mahasiswa yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini sangat penting.

”  Bawaslu secara kelembagaan tidak bisa mengawasi keseluruhan tahapan Pemilu, sehingga peran kita sebagai  masyarakat sangat penting untuk ikut melakukan pengawasan, terutama bagi mahasiswa” ucapnya.

Vifner juga menambahkan, Bawaslu merupakan tempat bagi masyarakat untuk mencari keadilan dalam konteks jika haknya dicederai sebagai pemilih.

” Masyarakat yang haknya terciderai sebagai pemilih, bisa mencari keadilan ke Bawaslu ” pungkas Vifner. (rio briges)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *