Bangkitkan Jiwa Patriotisme, 47 Pemuda Ikuti Diklatsarmil Pemuda Panca Marga

PAYAKUMBUH, NuansaPolitik.com –

Untuk membangkitkan kembali jiwa patriotisme generasi muda terutama di lingkungan Pemuda Panca Marga (PPM) Pimpinan Cabang PPM Kota  Payakumbuh melaksanakan kegiatan Pendidikan Pelatihan Dasar Militer (Diklatsarmil). 

Diklatsarmil yang dikuti sebanyak 47 orang utusan satu orang perkelurahan di Kota Payakumbuh itu dilaksanakan di Batalyon 131 Braja Sakti di kawasan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Ketua Pimpinan Daerah PPM Sumbar Wahyu Iramana Putra mengatakan bahwa, kegiatan Pendidikan Pelatihan Dasar Militer (Diklatsarmil) yang digelar PPM Kota Payakumbuh ini baru pertama kali dilaksanakan.

“Pertama dilaksanakan dan dilaksanakan di Kota Payakumbuh. Juga tidak menutup kemungkinan akan dapat dilaksanakan di daerah lain di Sumatera Barat,” ungkap Wahyu Iramana Putra.

Diakui Wahyu Iramana Putra, Diklatsarmil wajib bagi anggota PPM sebagai bekal dasar untuk pengabdian diri kepada masyarakat dan negara.

Dalam Diklatsarmil anggota PPM tak hanya dibekali pelatihan dasar militer namun juga diperluas dengan wawasan kebangsaan, ilmu bela negara dan sejarah perjuangan bangsa.

“Pelatihan ini sangat penting, selain bertujuan untuk Komponen Cadangan Militer TNI. Dengan harapan agar mampu menjadi organisasi yang mandiri dan mampu membentuk lapangan pekerjaan bagi anggotanya,” ujar Wahyu Iramana Putra.

Dipaparkan Wahyu Iramana Putra, materi yang diberikan atau disampaikan kepada para peserta antara lain adalah kedisiplinan, baris-berbaris, dan lainnya.

“Satu yang terpenting, PPM ini harus menghormati orang tua, ayahanda, bunda dari LVRI. Di agama Islam tidak boleh melawan kepada orang tua begitu juga anak pejuang adalah anak yang tertib bukan anak-anak yang diambil di jalanan, dia adalah anak-anak keturunan pejuang,” pungkas Wahyu Iramana Putra.

Sementara itu Ketua LVRI Sumbar Bpk. Kolonel (Purn) Amir Sarifudin mengatakan, Payakumbuh tidak dapat dilepaskan dari Kabupaten Limapuluh Kota yang merupakan daerah perjuangan salah satu buktinya dengan berdirinya monumen bela negara di Koto Tinggi.

Kolonel (Purn) Amir Sarifudin juga berpesan agar generasi muda jangan pernah melupakan sejarah salah satunya momen sumpah pemuda satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

“Pemuda harus pegang itu, jangan sesekali melupakan itu. Sesuai dengan yang disampaikan soekarno beri satu pemuda kita goncang dunia ini,” katanya.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi yang menghadiri dimulainya kegiatan Diklatsarmil tersebut, Kamis (8/12/2022) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membangkitkan kembali jiwa patriotisme generasi muda terutama di lingkungan PPM Sumatera Barat

“Saya yakin kegiatan ini banyak manfaatnya disamping dari patriotisme, tentu kesetiakawanan dan lain sebagainya, karena semakin hari ini sudah semakin luntur,” ujarnya.

Supardi mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan delapan hari dibiayai dengan dana Pokok pikiran (pokir) nya ini bisa kembali menggairahkan generasi muda dan berharap kepada PC PPM Kota Payakumbuh agar dapat melakukan kegiatan yang positif lagi, terutama kegiatan sosial yang langsung menyentuh ke masyarakat.

“Pemuda kita harus diarahkan dengan kegiatan yang positif. Seperti kegiatan seperti ini maupun kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkas Supardi yang digadang-gadang calon kuat Walikota Payakumbuh 2024 mendatang. (dod)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *