Atasi Kecemasan, Irfendi Arbi Lakukan Trauma Healing Bagi Anak-anak Korban Banjir di Kabupaten Limapuluh Kota

LIMAPULUH KOTA, NuansaPolitik.com-

Pasca bencana banjir besar yang terjadi disejumlah nagari di Kabupatan Limapuluh Kota, khususnya di Nagari Ketinggian, Kecamatan Harau yang menyisakan trauma mendalam bagi masyarakat setempat, utamanya bagi anak-anak mendapat perhatian khusus dari mantan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota periode 2016-2021, Ir. H. Irfendi Arbi, MP.

“ Kita harapkan, kehadiran orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota akibat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, seperti yang dirasakan masyarakat Kecamatan Harau salah satu kawasan terparah terdampak bencana banjir, dapat memberikan dorongan semangat kepada masyarakat untuk dapat bangkit dari traumanya. Melalui kegiatan trauma healing yang kita lakukan, kiranya dapat menghibur warga untuk menghilangkan trauma dan membangkitkan keberanian anak-anak dalam menghadapi setiap cobaan dari yang maha kuasa,” terang Irfendi Arbi usai mendatangi sekumpulan ibu-ibu tua dan anak-anak yang menjadi korban banjir di kawasan Kecamatan Harau,Rabu (27/12/2023).

Kehadiran Irfendi Arbi tidak hanya berusaha menghibur dan memulihkan trauma para kaum ibu dan anak-anak yang masih trauma akibat bencana banjir yang masih terus menghantui mereka, karena sampai saat ini ranah Luak Limopuluh masih terus diguyur hujan.

Namun saat bercengkrama dengan ibu-ibu dan anak-anak warga korban banjir tersebut, calon anggota DPR RI nomor urut 5 Dapil Sumbar 2 Partai NasDem itu, tampak memberikan bantuan berupa makanan untuk warga dan anak-anak.

“ Kehadiran kita atau orang-orang yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat yang terkena bencana, adalah sebagai upaya kemanusian untuk pemulihan dari trauma pasca bencana,” ujar Irfendi Arbi.

Beberapa jam bercengkrama dengan ibu-ibu dan anak-anak di nagari korban banjir tersebut, sepertinya kehadiran Irfendi Arbi cukup membuat kaum ibu dan puluhan anak-anak korban banjir tersebut merasa senang dan terhibur.

Buktinya, diwajah kaum ibu dan anak-anak korban banjir tersebut tampak penuh keceriaan saat didatangi tokoh Luak Limopuluah yang tengah berupaya memulihkan mental anak-anak Nagari Harau yang sempat trauma akibat bencana banjir besar itu.

Meski pun Irfendi Arbi bukan ahli terapi pemulihan anak dari trauma bencana, namun kehadiran tokoh yang digadang-gadang berpeluang terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI Pileg 2024 itu, tampak paham benar cara memulihkan jiwa anak-anak yang trauma akibat dampak bencana.

Selain menghibur anak-anak korban banjir, Irfendi Arbi juga memberikan dukungan dan motivasi untuk anak-anak setempat agar mereka tetap sehat dan bersemangat.

Menurut Irfendi Arbi, anak dengan pengalaman trauma saat bencana yang mengguncang jiwanya akan terus menghantui jiwanya. Untuk itu, trauma healing wajib diberikan kepada anak-anak korban bencana.

“Kalau mental anak-anak tidak dipulihkan pasca bencana, ini berdampak pada pertumbuhan kedepannya dan anak akan terus merasa ketakutan. Karena itu, trauma healing ini penting,” pungkas Irfendi Arbi. (rdo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *